Jutaan Situs WordPress Dipaksa Update, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 24/02/2022, 07:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Jutaan situs berbasis WordPress dipaksa melakukan update. Hal ini dilakukan untuk menambal celah keamanan yang muncul dari plugin pihak ketiga bernama UdraftPlus.

Plugin UdaftPlus sendiri berguna untuk menyederhanakan proses backup dan restore data situs web. Plugin ini populer digunakan di situs berbasis WordPress.

Plugin dari UdraftPlus ini dapat menyederhanakan proses backup ke Dropbox, Google Drive, Amazon S3 atau layanan cloud lainnya.

Selain itu, plugin ini juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan backup dengan proses yang lebih cepat dibanding plugin WordPress lainnya.

Nah, baru-baru ini ditemukan celah keamanan yang memungkinkan pengguna tidak berwenang, mengunduh backup tersebut dari akun WordPress.

Data yang terdapat dalam backup ini sendiri cukup beragam, namun biasanya, data tersebut sangat penting bagi situs berbasis WordPress.

Sebab, seringkali data tersebut menyertakan informasi sensitif seperti data pelanggan, pengaturan keamanan situs dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Website di WordPress Secara Gratis

Menurut UdraftPlus, 1,7 juta situs berbasis WordPress telah mengunduh pembaruan yang digelontorkan. Sementara secara total, plugin UdraftPlus digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna.

Untuk mengatasinya, UdraftPlus merilis patch keamanan versi 1.22.3 atau 2.22.3 untuk pengguna berbayar. Perusahaan juga mendorong pengguna untuk segera melakukan pembaruan.

"Kami mendesak semua pengguna untuk melakukan pembaruan jika belum melakukannya... Pembaruan didorong untuk pengguna premium dalam waktu satu jam. Kami sudah berusaha keras mengatasi hal ini karena situs Anda dan data cadangannya penting bagi kami. Kami akan terus berupaya untuk memastikan hal itu terus berlanjut," kata David Anderson, Lead Developer UdraftPlus dihimpun KompasTekno dari situs resmi perusahaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.