Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Gaming iQoo 9 Series Meluncur, Harga Mulai Rp 7 Jutaan

Kompas.com - 24/02/2022, 08:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iQoo, sub-merek Vivo yang difokuskan untuk segmen smartphone gaming, meluncurkan ponsel terbarunya, iQoo 9 series di pasar India. Ponsel ini memiliki tiga model, yaitu iQoo 9 reguler, iQoo 9 Pro, dan iQoo 9 SE.

Seperti pendahulunya, iQoo 9 series hadir dengan desain yang tidak begitu mencolok sebagaimana smartphone gaming pada umummya. iQoo justru mengutamakan spesifikasi ponsel agar mampu menunjang aktivitas bermain game mobile.

Secara umum, spesifikasi ketiga model iQoo 9 didesain berbeda satu sama lain. Namun, terdapat beberapa spesifikasi yang sama di antaranya refresh rate, RAM, sistem operasi dan fitur pendukung konektivitas ponsel.

Ketiga ponsel ini ditenagai oleh chipset buatan Qualcomm, namun setiap modelnya mengemas seri chipset yang berbeda, mulai dari terbaru seri Snapdragon 8 Gen 1, hingga chipset keluaran tahun lalu Snapdragon 888.

Meski demikian, jajaran iQoo 9 membawa dua opsi yaitu RAM 8 GB /12 GB LPDDR5 dan dua opsi memori internal yaitu 128 GB/ 256 GB dengan dukungan penyimpanan UFS 3.1.

Baca juga: Ponsel Gaming iQoo 3 5G Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya

iQoo 9 series juga dilengkapi dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 300 Hz. Persamaan lainnya dari ketiga model iQoo 9 yaitu dukungan jaringan 5G, Bluetooth 5.2 dan WiFi dual-band.

Tak hanya itu, iQoo series juga berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka Funtouch OS 12.

Spesifikasi iQoo 9 Pro

Memiliki embel Pro pada penamaannya, ponsel ini menjadi model tertinggi dibanding dua lainnya. Dapur pacu ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1. Chip ini dirancang oleh Qualcomm dengan fabrikasi 4 nm dan dipasangkan dengan GPU Adreno 730.

Daya tahan ponsel ditopang oleh baterai 4.700 mAh dengan dukungan pengisian ulang cepat 120 W menggunakan charger berkabel atau 50 W menggunakan charger nirkabel.

Layarnya berjenis AMOLED LTPO dengan bentang 6,78 inci. Layar tersebut menawarkan resolusi QHD+, kedalaman warna 10 bit serta kecerahan 1500 nits.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan chip khusus yang mampu meningkatkan warna dan kontras layar serta meningkatkan frame rate agar pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman. Namun dukungan tersebut hanya akan berjalan pada game tertentu.

Untuk kameranya, iQoo 9 Pro dilengkapi tiga kamera, meliputi kamera utama 50 MP (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.27), dan kamera telefoto 16 MP (f/2.23) yang mampu memperbesar (zoom) gambar optik hingga 2,5 kali. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 16 MP (f/2.45).

iQoo 9 Pro juga dilengkapi sensor ultrasonik 3D Sonic Max buatan Qualcomm untuk membuka kunci ponsel menggunakan sidik jari. Teknologi ini diklaim 11 kali lebih cepat dibanding iQoo 7.

Fitur lainnya yang melengkapi ponsel ini yaitu sistem pendigninan Vapor Chamber Liquid Cooling System, speaker dual stereo dan motor X-Axis Linear.

iQoo 9 Pro diluncurkan di IndiaiQoo iQoo 9 Pro diluncurkan di India

Secara khusus iQoo bekerja sama dengan BMW M Motorsport untuk desain iQoo 9 dan 9 Pro. Kerja sama ini diaplikasikan pada penampang ponsel yang tampil dengan finishing matte berwarna putih diserta tiga garis berwarna merah, hitam dan biru yang membentang secara vertikal.

Baca juga: Ponsel Gaming Vivo iQoo Neo 855 Meluncur, Harga Rp 4 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com