Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Akun Twitter yang Bisa Diikuti untuk Memantau Perang Rusia-Ukraina

Kompas.com - 24/02/2022, 13:15 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina resmi pecah, Presiden Rusia, Vladimir Putin resmi mengumumkan operasi militer di Ukraina, dengan melancarkan serangan ke target-target penting pertahanan Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Putin juga mengingatkan jika ada negara lain yang campur tangan bisa jadi berujung pada konsekuensi yang belum pernah terbayangkan.

Dikutip KompasTekno dari APNews, Putin dalam siaran langsung di televisi mengatakan bahwa Rusia tidak bermaksud menginvasi Ukraina. Mereka hanya ingin membuat demiliterisasi wilayah tersebut dan membawa pihak-pihak yang dianggap Rusia sebagai penjahat, dibawa ke pengadilan.

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan rakyat Ukraina dan pemerintahannya hanya menginginkan perdamaian. Namun jika mereka diserang, mereka akan mempertahankan diri.

"Jika kalian menyerang kami, kalian akan melihat muka kami, bukan punggung," kata Presiden Zelenskyy dalam siaran televisi, yang ia sampaikan dalam bahasa Rusia.

Perkembangan krisis perang Rusia dan Ukraina juga bisa dipantau melalui jagat Twitter. Sejumlah akun Twitter bisa diikuti (follow) untuk memantau apa yang sedang terjadi di Ukraina, dan apa yang sedang dilakukan Rusia.

Baca juga: Jack Ma Muncul Bersama Presiden Rusia Usai Alibaba Didenda

Akun-akun tersebut beberapa di antaranya adalah milik pejabat pemerintah, hingga jurnalis atau reporter spesialis perang.

Berikut adalah akun-akun Twitter yang bisa di-follow untuk memantau perkembangan perang Rusia-Ukraina, mulai laporan langsung, foto, hingga video.

  1. https://twitter.com/Osinttechnical
  2. https://twitter.com/AndreyZhukovv
  3. https://twitter.com/Global_Mil_Info
  4. https://twitter.com/DmytroKuleba
  5. https://twitter.com/nolanwpeterson
  6. https://twitter.com/marcorubio
  7. https://twitter.com/Conflicts
  8. https://twitter.com/MalikRoxk

Baca juga: Rusia Klaim Berhasil Ciptakan Jaringan Internet Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com