Kompas.com - 24/02/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina resmi pecah, Presiden Rusia, Vladimir Putin resmi mengumumkan operasi militer di Ukraina, dengan melancarkan serangan ke target-target penting pertahanan Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Putin juga mengingatkan jika ada negara lain yang campur tangan bisa jadi berujung pada konsekuensi yang belum pernah terbayangkan.

Dikutip KompasTekno dari APNews, Putin dalam siaran langsung di televisi mengatakan bahwa Rusia tidak bermaksud menginvasi Ukraina. Mereka hanya ingin membuat demiliterisasi wilayah tersebut dan membawa pihak-pihak yang dianggap Rusia sebagai penjahat, dibawa ke pengadilan.

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan rakyat Ukraina dan pemerintahannya hanya menginginkan perdamaian. Namun jika mereka diserang, mereka akan mempertahankan diri.

"Jika kalian menyerang kami, kalian akan melihat muka kami, bukan punggung," kata Presiden Zelenskyy dalam siaran televisi, yang ia sampaikan dalam bahasa Rusia.

Perkembangan krisis perang Rusia dan Ukraina juga bisa dipantau melalui jagat Twitter. Sejumlah akun Twitter bisa diikuti (follow) untuk memantau apa yang sedang terjadi di Ukraina, dan apa yang sedang dilakukan Rusia.

Baca juga: Jack Ma Muncul Bersama Presiden Rusia Usai Alibaba Didenda

Akun-akun tersebut beberapa di antaranya adalah milik pejabat pemerintah, hingga jurnalis atau reporter spesialis perang.

Berikut adalah akun-akun Twitter yang bisa di-follow untuk memantau perkembangan perang Rusia-Ukraina, mulai laporan langsung, foto, hingga video.

  1. https://twitter.com/Osinttechnical
  2. https://twitter.com/AndreyZhukovv
  3. https://twitter.com/Global_Mil_Info
  4. https://twitter.com/DmytroKuleba
  5. https://twitter.com/nolanwpeterson
  6. https://twitter.com/marcorubio
  7. https://twitter.com/Conflicts
  8. https://twitter.com/MalikRoxk

Baca juga: Rusia Klaim Berhasil Ciptakan Jaringan Internet Sendiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.