Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Janji Reno7 dan Reno7 Z Langsung Tangkap Sinyal 5G di Indonesia

Kompas.com - 24/02/2022, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Oppo dipastikan bakal kembali meramaikan pasar ponsel 5G di Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya, perusahaan asal China tersebut bakal meluncurkan dua perangkat 5G terbarunya, Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, di Tanah Air pada 2 Maret 2022 mendatang.

Tidak sekadar embel-embel "5G", kedua ponsel tersebut dipastikan sudah mendukung jaringan 5G yang sudah beroperasi di Indonesia, ketika diluncurkan nanti. Hal tersebut disampaikan Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

"Oppo Reno7 5G dan Reno7 Z 5G sudah bisa pakai 5G di Indonesia tanpa harus update perangkat, asalkan pengguna memang tinggal di wilayah cakupan 5G," jelas Aryo kepada KompasTekno di sela acara "Pre-Launch Event Oppo Reno7 Series" yang digelar Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Varian Oppo Reno7 yang Tidak Masuk Indonesia

Aryo melanjutkan, ia juga sempat melakukan uji coba dengan tiga operator seluler 5G di Indonesia, untuk memastikan bahwa kedua perangkat tersebut memang mendukung pita frekuensi (band) 5G yang dijalankan masing-masing operator 5G di Indonesia.

Ia tidak menyebutkan siapa saja operator tersebut, namun saat ini memang hanya ada tiga operator seluler yang sudah menyediakan layanan 5G di Tanah Air, yaitu Telkomsel (2.300 MHz), Indosat Ooredoo Hutchison (1.800 MHz), dan XL Axiata (1.800 & 2.100 MHz).

"Kedua ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G band n1 (2.100 MHz), n3 (1.800 MHz), dan n40 (2.300 MHz)," imbuh Aryo.

Aryo menjelaskan, dukungan sinyal 5G di kedua ponsel ini tak lepas dari chipset yang digunakan. Oppo Reno7 5G ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 900 5G, sedangkan Reno7 Z 5G menggunakan chipset Snapdragon 695 5G.

Baca juga: Kominfo Pastikan 5G Telkomsel dan XL Axiata Hadir di MotoGP Mandalika

Chipset pada kedua ponsel tersebut sudah diintegrasikan dengan chip modem 5G yang diklaim memiliki kecepatan unduh (download) maksimal hingga 2,77 Gbps untuk Dimensity 900 5G, dan 2,5 Gbps untuk Snapdragon 695 5G.

Meski sudah mendukung 5G, seperti apa yang dikatakan Aryo tadi, pengguna harus untuk berada dalam jangkauan 5G untuk menikmati jaringan 5G di Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Selain itu, pengguna juga harus memakai kartu SIM yang jenisnya sudah uSIM (4G/LTE).

Rencananya, Oppo Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, begitu juga Reno7 versi "reguler", bakal diluncurkan di Indonesia pada 2 Maret 2022 mendatang tepat pukul 19.00 WIB.

Dalam momen peluncuran itu, pihak Oppo Indonesia bakal megumbar berapa harga ketiga perangkat yang termasuk dalam Reno7 Series tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.