Kompas.com - 24/02/2022, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Memperkuat sinyal WiFi penting untuk dilakukan agar laptop dapat menerima koneksi internet dengan baik. Sinyal WiFi yang lemah bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang diterima laptop.

Tak bisa dipungkiri lagi, koneksi internet melalui jaringan WiFi kini lebih dipilih oleh sebagian orang karena mungkin lebih murah. Koneksi internet di jaringan WiFi tidak membutuhkan kuota seperti pada paket data di jaringan seluler.

Dengan demikian, pengguna bisa menghubungkan laptop miliknya ke jaringan WiFi untuk mengakses internet secara bebas, tanpa takut kehabisan kuota paket data. Pengguna mungkin hanya perlu membayar biaya langganan WiFi satu bulan sekali agar bebas akses internet.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Meski WiFi bisa lebih murah daripada menggunakan jaringan seluler, bukan berarti tidak ada kekurangannya. Mungkin Anda pernah mengalami sinyal WiFi lemah di laptop sehingga kecepatan koneksi internet menurun.

Sinyal WiFi lemah maksudnya adalah perangkat router tidak bisa menyebarkan jaringan WiFi ke laptop secara optimal, sehingga status bar sinyal WiFi yang tampil di laptop tidak penuh.

Penyebab sinyal WiFi laptop bermacam-macam, namun yang mungkin kerap terjadi adalah posisi router dengan laptop terlalu jauh. Posisi yang terlalu jauh mempengaruhi mempengaruhi kemampuan laptop dalam menerima jaringan WiFi.

Itulah salah satu alasan mengapa sinyal WiFi lemah di laptop itu terjadi. Lantas, bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi di laptop? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Posisikan router dekat dengan laptop

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, persoalan sinyal WiFi lemah dapat diakibatkan karena posisi router terlalu jauh dengan laptop. Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop jika dalam masalah tersebut adalah dengan memposisikan router agar dekat dengan laptop.

Namun, memposisikan router tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kabel sambungan internet ke router tidak terlalu panjang, sehingga router tidak bisa dipindahkan secara bebas.

Apabila Anda tidak bisa memposisikan dua perangkat itu secara berdekatan karena keterbatasan lokasi maupun sambungan kabel, Anda bisa membeli perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.