Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Kompas.com - 25/02/2022, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan lini ponsel flagship teranyarnya, yakni Find X5 5G series di China. Lini Find X5 series merupakan suksesor dari lini Find X3 series yang dirilis pada Maret 2021 lalu.

Ada tiga model yang ditelurkan Oppo, yaitu Oppo Find X5 Pro, Find X5 versi "reguler", dan Find X5 Lite. Secara hierarki, Oppo Find X5 Pro diposisikan paling atas dari ketiga model tersebut.

Baca juga: Oppo Find X5 dan Find X5 Lite Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Ponsel Find X5 Pro 5G mengunggulkan sektor kamera dengan prosesor gambar (Image Signal Processor/ISP) bikinan Oppo sendiri bernama MariSilicon X. Prosesor ini merupakan hasil kerja sama dengan produsen kamera premium asal Swedia, Hasselblad

Dari segi desain, Oppo Find X5 Pro membawa penyegaran pada desain punggungnya dibanding pendahulunya, Find X3 Pro. Kini, Oppo menyematkan modul kamera berbentuk persegi panjang di mana ada satu sisinya yang tidak simetris.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N, Ponsel Lipat Pertama dari Oppo

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro

Untuk spesifikasi layarnya, Oppo Find X5 Pro menggunakan panel AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Quad HD Plus (3.216 × 1.440 piksel).

Layar tersebut sudah mendukung adaptive refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, kerapatan piksel 525 ppi, tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.300 nits, dan sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Oppo Find X5 Pro 5G resmi meluncur di China.Oppo Oppo Find X5 Pro 5G resmi meluncur di China.
Di pojok kiri atas layar terdapat sebuah lubang kecil atau punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.4).

Beralih ke bagian belakang, Oppo membekali Find X5 Pro dengan tiga kemara belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) beresolusi 50 MP (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3 derajat), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.4)dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Kamera utama dan ultrawide tersebut sama-sama menggunakan sensor IMX766 dari Sony. Kamera ponsel ini juga dibekali teknologi peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS) 5-sumbu baru.

Kamera Oppo Find X5 Pro juga dilengkapi dengan fitur Hasselblad Natural Color Calibration, yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru.

Yang menarik, Oppo membekali Find X5 Pro dengan chip gambar bernama MariSilicon X Imaging NPU, untuk memproses gambar yang ditangkap menggunakan kameranya. Prosesor gambar (Image Signal Processor/ISP) bikinan Oppo sendiri tersebut dibangun dengan proses fabrikasi 6nm.

Chip gambar MariSilicon X diklaim dapat mengurangi noise pada gambar yang diambil serta dimungkinkan untuk merekam 4K Ultra Night Video dengan noise yang dikurangi dan warna yang lebih baik daripada pengaturan video malam biasa.

Lebih lanjut, Oppo mengatakan chip gambar bikinannya itu memungkinkan perekaman video HDR hingga 20-bit.

Baca juga: Oppo Gandeng Hasselblad Garap Kamera Find X5

Oppo Find X5 Pro warna Ceramic White.Oppo via GizmoChina Oppo Find X5 Pro warna Ceramic White.
Di sektor dapur pacu, Oppo Find X5 Pro ditenagai System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 12 dan penyimpanan internal 256 GB.

Ponsel flagship terbaru Oppo ini ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fitur pengisian daya cepat (fast charging) SuperVOOC 80 watt yang diklaim mampu mengisi daya ponsel dari 0-50 persen dalam 12 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com