Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Setelah ramai bahasa gaul dengan kata "TBL" atau akronim dari "Takut Banget Lho", kini tampaknya tengah muncul juga kata lain, yakni "YGY", yang juga cukup banyak digunakan di platform video berdurasi singkat TikTok.

Penggunaan bahasa gaul YGY di TikTok sepertinya cukup berbeda dengan kata TBL. Kata YGY tidak dilafalkan seperti kata TBL, melainkan dijadikan caption atau teks singkat di bawah konten video singkat TikTok.

Baca juga: Arti Kata Bestie yang Sedang Viral di TikTok dan Twitter

Penggunaan bahasa gaul YGY bisa dilihat di salah satu video TikTok yang diunggah oleh akun dengan handle @fujinnn_. Dalam video tersebut, ia menampilkan rekaman permainan dalam game Mobile Legends, dengan tambahan kata YGY untuk jadi caption.

@fujinnn_

ygy????

? GOOD BOY X DANCE MANCING - Rian.A

Sementara itu, video yang telah mendapatkan jumlah tontonan lebih dari 900.000 kali tersebut tidak menampilkan atau menjelaskan arti YGY.

Tidak hanya dalam video tersebut, arti YGY juga tidak dilampirkan pada video TikTok terpopuler lainnya yang menggunakan kata itu untuk jadi caption. Lantas, YGY itu apa?

Bahasa gaul memang cukup sulit untuk diketahui artinya. Apalagi tidak semua bahasa gaul atau bahasa slang terindeks di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sebab itu, cara paling mudah untuk mengetahui arti bahasa gaul adalah dengan melihat riwayat pemakaiannya.

Berdasar pantauan KompasTekno, kata YGY secara sifat mirip dengan TBL yang merupakan sebuah akronim. Jadi, YGY bukan sebagai kata tunggal, YGY singkatan dari "Ya Gaes Ya".

Apabila Anda penggemar game Mobile Legend, mungkin bakal tidak asing lagi dengan kalimat singkat "Ya Gaes Ya". Kalimat itu sering dilafalkan oleh seorang pembuat konten YouTube (YouTuber) untuk game Mobile Legend.

Jadi, kata YGY awalnya tidak digunakan di TikTok, tapi lebih dulu muncul di YouTube. Para YouTuber game Mobile Legends tidak spesifik melafalkan kata YGY, melainkan langsung menyebut kalimat "Ya Gaes Ya" pada video yang diunggahnya.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Ketik Wkwk Saat Tertawa?

"Ya Gaes Ya" biasanya dipakai oleh YouTuber tersebut untuk berinteraksi dengan penontonnya. YouTuber game Mobile Legends yang turut mempopulerkan kalimat singkat itu, antara lain, seperti Oura Gaming, RRQ Lemon, dan sebagainya.

YGY tidak memiliki arti khusus, namun jika dilihat dari pelafalan "Ya Gaes Ya", kalimat ini bertujuan untuk mempertegas sebuah saran dalam bermain game, yang diberikan oleh YouTuber tersebut pada penontonnya.

Demikian arti kata YGY yang ramai di Tiktok, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com