Cara Cek Kelurahan yang Dapat STB TV Digital Gratis

Kompas.com - 25/02/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan informasi terbaru terkait proses pendistribusian set top box (STB) untuk TV digital secara gratis kepada masyarakat.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail menjelaskan bahwa pemerintah akan mulai membagikan 3.202.470 unit STB pada pelaksanaan Analog Switch Off/ASO Tahap I.

Proses distribusi STB gratis tahap pertama, menurut Ismail, akan dilakukan di 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten/kota.

Baca juga: 3,2 Juta STB Gratis dari Kominfo Dibagikan 15 Maret, Ini Syarat Penerimanya

Ismail menghimbau kepada masyarakat untuk dapat melihat daftar kelurahan yang berhak menerima STB beserta jumlah unit perangkat yang akan dibagikan melalui tautan berikut https://komin.fo/stbASO1.

"Masyarakat secara luas dapat melihat dalam link ini melalui website ini untuk mengetahui daerahnya yang akan terdampak ASO sekaligus jumlahnya dan besaran set top box yang akan diterima masing-masing desa," ungkap Ismail dalam acara konferensi pers yang disiarkan secara online, Jumat (25/2/2022).

Ismail menegaskan bahwa tahap distribusi STB gratis ini hanya diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu yang berada di wilayah terdampak ASO, sesuai data Kemensos.

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka mendukung ASO yang dilaksanakan pada 30 April 2022, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Baca juga: Catat, Jadwal Pembagian STB TV Digital Gratis dari Pemerintah

"Bagi masyarakat yang tidak termasuk di dalam daftar rumah tangga miskin calon penerima bantuan STB dan sehari-harinya menggunakan siaran TV analog, kami menghimbau agar segera membeli STB secara mandiri dan tidak menunggu hingga siaran TV analog dihentikan," kata Ismail.

Kominfo telah bekerja sama dengan pihak dari penyelenggara multipleksing untuk menyediakan perangkat STB gratis dengan pembagian sumber penyediaan sebagai berikut:

  • 893.044 unit STB dari grup SCM (SCTV dan Indosiar),

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.