Kompas.com - 27/02/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Jaringan 3G rencananya bakal dimatikan di seluruh wilayah Indonesia. Rencana ini sudah digaungkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Namun, Kominfo diketahui masih melakukan kajian mendalam soal rencana penghapusan jaringan 3G di Indonesia tersebut, dengan mempertimbangkan faktor penyediaan sinyal 4G dan kepentingan pengguna layanan.

Meski belum ada kewajiban, dua operator seluler di Indonesia, Telkomsel dan XL Axiata sudah menegaskan bahwa pihaknya bakal mematikan sinyal 3G pada 2022 ini.

Berbeda dengan Telkomsel dan XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sendiri masih belum jelas kapan bakal mematikan sinyal 3G miliknya. IOH sendiri adalah perusahaan hasil merger antara operator seluler Indosat Ooredoo dan Tri.

Sementara Smaertfren sudah sudah lebih dulu menghentikan layanan berbasis jaringan 3G. Operator seluler yang juga anak usaha dari grup Sinarmas ini tercatat telah mematikan seluruh jaringan 3G berbasis CDMA miliknya sejak 2017 silam.

Telkomsel matikan sinyal 3G secara bertahap

Pada 2022 ini, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang mengumumkan bakal mematikan jaringan 3G miliknya. Pada akhir Januari, operator pelat merah ini mengumumkan bakal melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE mulai tahun 2022 ini.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel dalam sebuah keterangan tertulis, Januari lalu.

Migrasi ini sedianya akan dilakukan secara bertahap pada seluruh layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dalam pelaksanaannya, Dalam keterangan sebelumnya, Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, percepatan upgrade layanan 3G ke 4G ini akan diprioritaskan untuk wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Namun Nugroho tidak menyebutkan secara spesifik wilayah Indonesia mana saja yang menjadi target prioritas migrasi layanan 3G ke 4G LTE. Pun, Telkomsel tidak mengungkapkan kapan target migrasi tersebut rampung dan jadwal sinyal Telkomsel bakal dimatikan seluruhnya.

Yang jelas, migrasi layanan 3G ke 4G LTE Telkomsel dilakukan secara bertahap ini dimulai tahun 2022 ini. Itu artinya, sinyal 3G Telkomsel bakal dimatikan dan tak bisa digunakan lagi oleh pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Karena itu, Telkomsel mengimbau pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G LTE.

Baca juga: Kartu Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan Lagi lewat 3 Cara Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.