3G Mulai Dimatikan, Kominfo Mau Dorong Operator Bikin "Bundling" HP 4G Murah

Kompas.com - 01/03/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah mengimbau kepada operator seluler di Indonesia agar menghentikan jaringan 3G dan beralih ke 4G. Telkomsel dan XL Axiata pun memastikan mulai mematikan jaringan generasi ketiga tersebut tahun ini.

Jika jaringan 3G dinon-aktifkan sepenuhnya, maka masyarakat yang masih menggunakan layanan 3G mau tidak mau harus beralih ke layanan 4G LTE.

Apabila pelanggan layanan 3G masih menggunakan perangkat yang "mentok" di jaringan 3G, artinya mereka harus mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat baru yang sudah mendukung 4G.

Agar tidak memberatkan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri tengah menyiapkan beberapa solusi yang dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk segera melakukan migrasi dari 3G ke 4G.

Baca juga: Mengapa Sinyal 3G di Indonesia Mau Dimatikan?

Salah satunya, Kominfo ingin mendorong operator seluler untuk menghadirkan paket penggantian perangkat ke ponsel 4G dengan harga yang lebih murah.

"Salah satunya adalah penyelenggara seluler dapat memberikan paket penggantian handset 3G ke 4G dengan harga murah dengan waktu tertentu," kata Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Ponsel 4G memang menjadi barang wajib yang harus dimiliki masyarakat agar bisa menangkap sinyal 4G.

Dengan jaringan 4G, pengguna disebutkan dapat menikmati pengalaman online lebih baik ketimbang menggunakan 3G, termasuk ketika bermain game, video call, voice call, streaming video dan lain sebagainya.

Bila ponsel yang dimiliki masyarakat hanya mentok mendukung 3G, maka saat sinyal 3G dimatikan, masyarakat tersebut hanya dapat mengandalkan jaringan 2G (untuk SMS dan telepon) serta tidak bisa lagi mengakses internet dengan jaringan 3G.

Jumlah pengguna 3G only di Indonesia

Sejumlah masyarakat Indonesia memang diketahui masih ada yang hanya mengandalkan sinyal 3G (disebut juga 3G-only user) dan tidak memiliki ponsel dengan dukungan 4G.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.