Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Luncurkan MatePad Paper, "Buku Elektronik" untuk Baca dan Tulis

Kompas.com - 01/03/2022, 15:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan e-reader atau pembaca buku elektronik bernama MatePad Paper. Perangkat tersebut diluncurkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona, Spanyol, pada Senin (28/2/2022).

Pada dasarnya MatePad Paper mirip sebuah tablet, namun, desain dan fungsinya dirancang menyerupai buku untuk menunjang aktivitas pengguna ketika menulis atau membaca.

Buku elektronik besutan Huawei ini hadir dengan layar berjenis E-Ink dengan bentang 10,3 inci dan ascpect ratio 86,3 persen.

Dengan layar besar tersebut, perangkat ini tidak hanya dapat digunakan untuk membaca, tetapi juga melakukan sejumlah tugas layaknya sebuah komputer tablet.

Perangkat ini juga mendukung stylus atau pena digital Huawei M-Pencil gen 2 dengan tingkat sensitivitas tekanan mencapai 4.096.

Selain itu, Huawei MatePad Paper juga mendukung latensi 26 milidetik, sehingga jeda waktu input dari stylus ke layar menjadi singkat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Huawei P50 Pro di Indonesia

Huawei juga melengkapi MatePad Paper dengan pemindai sidik jari untuk mengamankan perangkat. Sensornya didesain menyatu dengan tombol power.

Dapur pacu perangkat ini ditenagai oleh prosesor hexa-core yang dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Huawei MatePad PaperHuawei Huawei MatePad Paper
Huawei MatePad Paper dilengkapi dengan baterai 3625 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga empat pekan dalam kondisi standby. Pengisian baterainya bisa dilakukan melalui port USB tipe C.

Buku elektronik ini berjalan dengan sistem operasi HarmonyOS buatan Huawei. Dengan dukungan tersebut, perangkat ini juga dapat mengakses aplikasi Huawei Books yang menawarkan akses ke lebih dari 2 juta buku.

Untuk mempermudah pengguna, Huawei menyematkan dukungan lebih dari 20 bahasa dan toko yang dapat diakses di lebih dari 170 negara/wilayah.

Selain aplikasi buku, MatePad Paper juga dapat menjalankan aplikasi e-mail, kalender hingga aplikasi tertentu lainnya dari Huawei App Gallery.

Fitur lainnya yang melengkapi e-reader Huawei ini yaitu konversi tulisan tangan, integrasi dengan smartphone atau PC, perekam suara, pemutar video dan lainnya.

Baca juga: Amazon Luncurkan Kindle Paperwhite Baru, Ini Harganya

Ada pula dukungan WiFi dual band 2,4 GHz dan 5 GHz, buletooth 5.2, OTG, USB 2.0, speaker ganda dan 4 mikrofon. Sementara itu fitur audionya didukung oleh Huawei Histen 7.0.

Harga MatePad Paper

Dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Selasa (1/3/2022), Huawei MatePad Paper mirip seperti Amazon Kindle ditaksir akan menjadi pesaing perangkat Amazon tersebut.

Belum diketahui di mana MatePad Paper akan memulai debut penjualannya. Harganya sendiri di Eropa dibanderol 499 euro atau setara Rp 8 juta. Perangkat ini tersedia dalam warna hitam, khaki, dan biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com