Tidak Perlu ke GraPARI, Ini Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Kompas.com - 01/03/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Desember 2021 lalu telah mengumumkan tengah melakukan kajian mendalam terkait rencana penghapusan sinyal 3G di Indonesia.

Operator seluler Telkomsel sendiri mengumumkan akan mematikan jaringan 3G secara bertahap mulai tahun 2022. Artinya, seluruh layanan jaringan 3G akan dialihkan ke jaringan 4G LTE mulai tahun ini.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel dalam sebuah keterangan tertulis, Januari lalu.

Karena itu, Telkomsel mengimbau pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G LTE.

Apabila Anda merupakan salah satu pelanggan Telkomsel yang saat ini masih mengandalkan jaringan 3G untuk terhubung ke internet, ada baiknya untuk segera meukarnya dengan kartu 4G.

Baca juga: Cara Cek Sinyal 3G Telkomsel di Wilayah Anda Sudah Dimatikan atau Belum

Ada beberapa cara untuk menukarkan kartu 3G ke 4G. Selain mendatangi GraPARI, pelanggan Telkomsel juga bisa mengganti kartu 3G ke 4G secara online melalui website, aplikasi MyTelkomsel, Call Center 188, dan media sosial Telkomsel.

Telkomsel juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30 GB untuk berselancar mengakses berbagai aplikasi, layanan streaming, dan penyimpanan berbasis cloud

Melansir laman resmi Telkomsel, promo kuota 4G sebesar 15-30 GB ini akan dikenakan biaya Rp 10 saat proses migrasi kartu 3G ke 4G berhasil.

Namun, promo kuota hingga 30 GB ini hanya berlaku bagi pelanggan yang menukar ke kartu 4G dengan masa aktif kurang dari 3 bulan. Program kuota hingga 30 GB untuk migrasi kartu ini akan berlaku hingga 31 Desember 2022.

Untuk pelanggan Telkomsel yang belum melakukan upgrade kartu SIM 3G ke 4G berikut ini KompasTekno merangkum cara ganti kartu Telkomsel online dan mendapatkan kuota internet 4G hingga 30 GB, dilansir dari laman resmi Telkomsel.

Cara ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online melalui website

  • Masuk ke laman https://my.telkomsel.com/sim-replacement melalui browser ponsel Anda (perlu diketahui, pelanggan dapat melakukan upgrade secara online hanya melalui smartphone karena memerlukan upload dokumen berupa foto selfie)
  • Setelah itu masukkan nomor ponsel dan alamat e-mail Anda
  • Selanjutnya Telkomsel akan mengirimkan kode OTP melalui e-mail
  • Masukkan kode OTP
  • Pilih alasan ganti kartu Anda lalu klik “Pilih”
  • Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai

Baca juga: Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat Tokopedia, Shopee, dan JDid

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Telkomsel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.