Kompas.com - 01/03/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Operator XL Axiata sudah mulai mematikan layanan jaringan seluler 3G di Indonesia dan ditargetkan bakal selesai pada akhir Maret nanti. Kebijakan XL Axiata tersebut ini sejalan dengan wacana pemerintah untuk menghentikan jaringan 3G.

Dengan demikian, nantinya pelanggan XL hanya bisa menikmati layanan seluler mulai dari jaringan 4G. Bagi Anda pelanggan XL yang masih menggunakan kartu dengan layanan seluler jaringan 3G, kiranya perlu untuk segera meningkatkan ke kartu 4G.

Baca juga: 4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu XL agar Tidak Hangus

Peningkatan atau upgrade kartu 3G ke 4G XL bisa dilakukan dengan berbagai cara secara mudah. Pengguna tidak perlu ganti nomor untuk upgrade kartu 3G ke 4G XL. Selengkapnya, simak tiga cara upgrade kartu 3G ke 4G XL, sebagai berikut:

1. Ganti kartu 3G ke 4G XL lewat kode USSD

  • Beli kartu 4G XL baru di kios terdekat
  • Buka menu dial di ponsel, hubungi kode USSD *123*46# menggunakan kartu 3G XL Anda yang lama
  • Selanjutnya, pilih menu “1. Lanjut” dan Anda bakal menerima pesan untuk mencabut kartu XL lama tersebut dari ponsel
  • Masukkan kartu 4G XL baru yang tadi telah dibeli
  • Setelah itu, hubungi kode USSD *123*46# menggunakan kartu baru tersebut, lalu pilih menu “2. Konfirmasi Setelah Ganti”
  • Kemudian, pastikan dulu jaringan 4G di ponsel Anda telah aktif dan restart ponsel untuk menyelesaikan proses ganti kartu 3G ke 4G XL
  • Meski menggunakan kartu baru, nomor telepon Anda tidak akan berubah.

2. Ganti kartu 3G ke 4G XL lewat website XL

 

  • Kunjungi situs resmi XL berikut ini https://prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center 
  • Di halaman awal situs, pilih opsi “Layanan Ganti Kartu”
  • masukkan nomor telepon dari kartu 3G XL yang ingin diganti ke 4G
  • masukkan data diri, seperti nama lengkap NIK, nomor KK, dan nomor telepon untuk dihubungi Customer Service (CS) XL
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan proses pergantian kartu tersebut
  • Apabila proses pergantian telah divalidasi, kartu 4G XL baru bisa diambil di XL Center terdekat atau bakal dikirimkan langsung ke alamat Anda.

3. Ganti kartu 3G ke 4G XL lewat XL Center

Selanjutnya, cara upgrade kartu 3G ke 4G XL bisa dilakukan dengan mengunjungi langsung kantor XL Center terdekat. CS XL bakal membantu Anda untuk melakukan pergantian kartu tersebut.

Namun sebelum ke XL Center, Anda perlu untuk menyiapkan KTP dan kartu 3G XL yang ingin diganti ke 4G.

Kebijakan penghentian layanan seluler jaringan 3G saat ini sebenarnya masih dikaji oleh pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tujuan dari wacana pemerintah tersebut adalah supaya operator seluler dapat memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, dengan menggunakan jaringan 4G LTE, bukan lagi teknologi lawas seperti 3G.

Baca juga: Cara Pinjam Pulsa Darurat XL dan Axis lewat Kode UMB

Meski masih dikaji, namun XL Axiata dilaporkan ternyata telah mematikan 5.000 BTS 3G, dan diharapkan bisa rampung semuanya hingga akhir bulan Maret nanti, sebagaimana dihimpun KompasTekno.

XL Axiata sendiri mengeklaim telah mematikan jaringan 3G di 22 kota pada tahun 2021 lalu. Totalnya, terdapat 22.000 BTS 3G yang sudah dimatikan dan dialihfungsikan menjadi BTS 4G per tahun 2021.

Itulah tiga cara upgrade kartu 3G ke 4G XL, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.