Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Thinkpad X13s Resmi, Laptop Pertama dengan Snapdragon 8cx Gen 3

Kompas.com - 01/03/2022, 19:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022 yang digelar di Barcelona, Spanyol pekan ini digunakan Lenovo untuk mengumumkan beragam teknologi dan produk terbarunya, salah satunya adalah laptop Thinkpad X13s

Alih-alih ditenagai dengan prosesor (CPU) bikinan Intel atau AMD, laptop tersebut justru dibekali dengan chip berarsitektur ARM terbaru bikinan Qualcomm yang diumumkan Desember 2021 lalu, yakni Snapdragon 8cx Gen 3.

Thinkpad X13s bisa dibilang sebagai laptop pertama di dunia yang menggunakan prosesor Snapdragon 8cx Gen 3.

Tidak disebutkan performa chip bikinan Qualcomm tersebut apabila disandingkan dengan CPU Intel atau AMD. Namun apabila dibandingkan dengan pendahulunya Snapdragon 8cx Gen 2, performanya diklaim 85 persen lebih ngebut.

Kehadiran chip ARM ini juga memungkinkan laptop tersebut hadir dengan berbagai fitur baru. Mulai dari dukungan 5G untuk pertama kalinya di laptop seri Thinkpad, hingga sistem pendingin yang lebih sunyi lantaran tak memerlukan komponen kipas seperti laptop kebanyakan.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 8cx Generasi Kedua untuk Laptop

Untuk konfigurasinya sendiri, chip Thinkpad X13s tersebut bisa dipadukan dengan konfigurasi RAM LPDDR4X hingga 32 GB, media penyimpanan SSD hingga kapasitas 1 TB.

Lenovo Thinkpad X13s.Lenovo Lenovo Thinkpad X13s.
Beralih ke aspek daya, laptop ini dibekali dengan baterai berkapasitas 49,5 Whr yang diklaim kuat menemani pengguna untuk menonton video 1080p selama 28 jam tanpa henti.

Baca juga: Tablet Gaming Lenovo Legion Y700 Resmi, Layar 8,8 Inci dan Snapdragon 870

Fitur pendukung lainnya mencakup webcam beresolusi 5 MP yang dilengkapi fitur AI Auto Framing untuk memfokuskan kamera ke pengguna secara otomatis, serta Privacy E-shutter untuk memblokir akses kamera ketika tidak dipakai.

Ada pula dukungan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2 untuk aspek konektivitas, fitur Always On atau Always Connected yang memungkinkan laptop tetap terhubung dengan jaringan internet apabila tersedia, serta dua buah konektor USB-C 3.2 Gen 2.

Untuk layarnya sendiri, Thinkpad X13s mengusung panel IPS berukuran 13,3 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel. Layar ini memiliki fitur antiglare untuk menghindari pantulan sinar matahari atau lampu, serta memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Laptop berbobot 1 kg dengan dimensi ketebalan 13,4 mm ini menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 Pro dan rencananya mulai dijual mulai Mei mendatang dengan harga termurah 1.100 dolar AS (sekitar Rp 15,7 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheRegister, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Lenovo Luncurkan Laptop Layar Lipat Pertama, ThinkPad X1 Fold

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com