Video di Feed Instagram Dukung "Subtitle" Otomatis, Termasuk Bahasa Indonesia

Kompas.com - 02/03/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Tahun lalu, TikTok merilis fitur Auto Caption yang memungkinkan pengguna membuat dan menampilkan subtitle atau teks dalam videonya secara otomatis. Tak mau kalah, Instagram pun meluncurkan fitur serupa.

Hal ini diumumkan akun Twitter Instagram dengan handle @instagram, begitu juga Head of Instagram, Adam Mosseri melalui akun pribadinya dengan handle @mosseri.

Menurut Mosseri, fitur ini nantinya hanya akan tersedia di postingan video di Instagram Feed (IG Feed), dan bisa diaktifkan atau dimatikan oleh masing-masing pengguna kapan pun mereka mau.

Baca juga: Instagram Stories Bisa Tampilkan Caption Otomatis

"Fitur ini bakal mempermudah pengguna Instagram yang memiliki kesulitan atau masalah dengan pendengarannya," jelas Mosseri.

Terkait dukungan bahasa, Instagram mengeklaim fitur ini sudah tersedia dalam 17 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: TikTok Bisa Tampilkan Caption Otomatis, Begini Caranya

Untuk mengaktifkan fitur Captions di Instagram, pengguna bisa memilih menu "Advanced Settings" ketika mereka hendak mengunggah sebuah video, dan mengaktifkan fitur "Show Captions".

Nantinya, subtitle dalam video akan ditampilkan secara otomatis, dengan catatan bahasanya sudah didukung.

Cara mengaktifkan fitur captions di postingan video Instagram.Twitter.com/Instagram Cara mengaktifkan fitur captions di postingan video Instagram.

Sementara itu untuk pengguna yang sedang menjelajah video di Instagram, mereka bisa mengeklik ikon "tiga titik" yang ada di tiap postingan video Instagram.

Baca juga: Google Chrome Kini Tampilkan Subtitle Video secara Real Time

Kemudian, mereka bisa memilih "Manage captions" dan mengaktifkan fitur "Captions" untuk menampilkan subtitle di video yang sedang mereka tonton.

Meski demikian, pantauan KompasTekno pada Rabu pagi, fitur yang tampaknya hadir untuk menyaingi aplikasi TikTok ini tampak belum tersedia dan digunakan di Tanah Air.

Biasanya, fitur-fitur baru di Instagram sendiri bakal meluncur secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.