Kompas.com - 02/03/2022, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Oppo mengumumkan teknologi pengisian daya cepat (fast charging) SuperVOOC 150W di ajang tahunan teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Dengan teknologi SuperVOOC 150 watt terbaru, ponsel Oppo disebut bisa terisi penuh 100 persen (dari nol) dalam waktu 15 menit. SuperVOOC sendiri merupakan singkatan dari Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging.

Dalam uji laboratorium, teknologi SuperVOOC 150 watt ini dilaporkan dapat mengisi daya ponsel prototipe dengan baterai 4.500 mAh, dari 1 persen hingga 50 persen dalam waktu 5 menit.

Baca juga: Teknologi Cas Baterai Cepat VOOC Oppo Kini Bisa Dipakai Vendor Lain

Lalu, ponsel tersebut bakal terisi penuhi 100 persen dalam waktu 15 menit. Hasil ini dapat tercapai saat ponsel prototipe dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh dalam keadaan aktif, bukan dalam mode pesawat (airplane mode).

Di balik keunggulannya dapat mengisi perangkat dalam waktu singkat, teknologi fast charging dengan daya watt yang tinggi dikhawatirkan dapat memberikan efek samping ke baterai ponsel.

Untuk mencegah efek samping ini, Oppo sudah membekali SuperVOOC 150 watt ini dengan sistem Battery Health Engine (BHE), yang menggunakan chip khusus untuk mengelola arus daya baterai.

Dalam pengujian laboratorium, baterai yang di-cas dengan SuperVOOC 150W mampu mencapai 1.600 siklus pengisian daya penuh, sebelum baterai mulai menurun sebesar 20 persen.

Siklus pengisian penuh tersebut digadang-gadang dua kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata industri yang hanya 800 siklus.

Bakal hadir di ponsel OnePlus

Ilustrasi kecepatan Oppo SuperVOOC 150W dibandiingkan SuperVOOC 65W.Oppo via GSMArena Ilustrasi kecepatan Oppo SuperVOOC 150W dibandiingkan SuperVOOC 65W.
SuperVOOC 150W merupakan teknologi fast charging tercepat milik Oppo untuk saat ini. Sebagai perbandingan, Oppo sebelumnya sudah memiliki teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 65 watt dan 80 watt untuk sejumlah ponselnya di pasaran.

Untuk SuperVOOC 80W, teknologi ini diklaim mampu mengisi daya ponsel dari 0-50 persen dalam 12 menit. Sementara SuperVOOC 65W membutuhkan sekitar 40 menit untuk terisi penuh 100 persen.

Baca juga: Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel 

Halaman:
Sumber GSM Arena


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.