Aplikasi IGTV Resmi Dihapus, Pensiun Bulan Ini

Kompas.com - 02/03/2022, 13:16 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi Instagram TV (IGTV) yang selama ini berjalan sebagai aplikasi mandiri, akan disetop. Dalam pengumumannya, perusahaan induk Instagram, Meta, mengonfirmasi bahwa aplikasi IGTV akan dihapus dari toko aplikasi pertengahan Maret ini.

Keputusan penyetopan aplikasi standalone IGTV ini dipilih Meta tak lain untuk mendorong adopsi video singkat, seperti Reels dan IG Stories.

Dalam postingannya, Meta mengatakan bahwa penghapusan aplikasi IGTV merupakan bagian dari upaya perusahaan agar membuat konten video menjadi sesederhana mungkin, baik dalam pembuatan maupun ketika dicari di internet.

Dengan menghapus aplikasi IGTV, perusahaan akan fokus mengembangkan dan menempatkan video di satu aplikasi, yaitu aplikasi utama Instagram.

Baca juga: Video di Feed Instagram Dukung Subtitle Otomatis, Termasuk Bahasa Indonesia

Selain menghapus aplikasi IGTV, Meta juga menyetop iklan di IGTV. Meski begitu, Instagram menegaskan bahwa konten kreator yang memonetisasi IGTV dengan fitur tersebut, tetap dapat menerima pembayaran bulanan dan disesuaikan dengan penghasilan terbaru.

Instagram juga menyebtu sedang menjajaki cara lain yag memugkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasinya.

Salah satunya dengan menguji pengalaman iklan baru di Instagram yang memungkinkan kreator mendapatkan uang dari iklan yang tampil di Reels mereka.

Direncanakan sejak lama

Keputusan Instagram untuk menghapus IGTV sebenarnya sudah dibocorkan perusahaan sejak tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2021. Saat itu perusahaan mengatakan aplikasi IGTV tidak akan hilang, melainkan akan berganti nama.

Di saat yang sama, Instagram kala itu menggabungkan video berdurasi panjang di IGTV dengan video feed di Instagram.

Alih-alih IGTV, video tersebut tampil dalam format baru yang disebut "Instagram Video". Dengan kata lain, video panjang seperti di IGTV akan dapat ditemukan di aplikasi Instagram.

Baca juga: Video Feed dan IGTV Dilebur Jadi Instagram Reels, Indonesia Kebagian Pertama

Halaman:


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.