Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi IGTV Resmi Dihapus, Pensiun Bulan Ini

Kompas.com - 02/03/2022, 13:16 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Aplikasi Instagram TV (IGTV) yang selama ini berjalan sebagai aplikasi mandiri, akan disetop. Dalam pengumumannya, perusahaan induk Instagram, Meta, mengonfirmasi bahwa aplikasi IGTV akan dihapus dari toko aplikasi pertengahan Maret ini.

Keputusan penyetopan aplikasi standalone IGTV ini dipilih Meta tak lain untuk mendorong adopsi video singkat, seperti Reels dan IG Stories.

Dalam postingannya, Meta mengatakan bahwa penghapusan aplikasi IGTV merupakan bagian dari upaya perusahaan agar membuat konten video menjadi sesederhana mungkin, baik dalam pembuatan maupun ketika dicari di internet.

Dengan menghapus aplikasi IGTV, perusahaan akan fokus mengembangkan dan menempatkan video di satu aplikasi, yaitu aplikasi utama Instagram.

Baca juga: Video di Feed Instagram Dukung Subtitle Otomatis, Termasuk Bahasa Indonesia

Selain menghapus aplikasi IGTV, Meta juga menyetop iklan di IGTV. Meski begitu, Instagram menegaskan bahwa konten kreator yang memonetisasi IGTV dengan fitur tersebut, tetap dapat menerima pembayaran bulanan dan disesuaikan dengan penghasilan terbaru.

Instagram juga menyebtu sedang menjajaki cara lain yag memugkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasinya.

Salah satunya dengan menguji pengalaman iklan baru di Instagram yang memungkinkan kreator mendapatkan uang dari iklan yang tampil di Reels mereka.

Direncanakan sejak lama

Keputusan Instagram untuk menghapus IGTV sebenarnya sudah dibocorkan perusahaan sejak tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2021. Saat itu perusahaan mengatakan aplikasi IGTV tidak akan hilang, melainkan akan berganti nama.

Di saat yang sama, Instagram kala itu menggabungkan video berdurasi panjang di IGTV dengan video feed di Instagram.

Alih-alih IGTV, video tersebut tampil dalam format baru yang disebut "Instagram Video". Dengan kata lain, video panjang seperti di IGTV akan dapat ditemukan di aplikasi Instagram.

Baca juga: Video Feed dan IGTV Dilebur Jadi Instagram Reels, Indonesia Kebagian Pertama

Tombol IGTV di aplikasi Instagram sendiri sudah dihapus sejak awal 2020, sebab dinilai kurang memiliki daya tarik. Menurut Sensor Tower, pengguna aplikasi IGTV hanya 7 juta dibanding pengguna Instagram yang mencapai 1 miliar.

Fokus ke Reels

Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (2/3/2022), dalam pengumuman ditutupnya aplikasi IGTV, Instagram menyatakan fokusnya pada fitur video pendek Reels.

Perusahaan juga menyebut bahwa Reels menjadi kontributor terbesar dalam pertumbuhan perusahaan, sehingga Instagram memutuskan untuk terus berinvestasi pada fitur tersebut.

"Video adalah alasan utama mengapa orang menikmati Instagram. Kami menyukai bagaimana komunitas kreator kami menggunakan video untuk mengekspresikan diri, berkolaborasi dengan orang lain dan terhubung dengan pengikut mereka," kata Instagram dalam blog resminya.

"Reels terus menjadi bagian yang berkembang dan penting dari Instagram. Kami akan terus berinvestasi lebih banyak lagi pada Reels," ujar perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com