Pengguna Instagram di Ukraina dan Rusia Bisa Kirim DM Lebih Aman

Kompas.com - 03/03/2022, 07:08 WIB

KOMPAS.com - Meta sebagai perusahaan induk Facebook telah menjalankan sejumlah upaya untuk membantu pengguna di Ukraina yang tengah menghadapi konflik dengan Rusia.

Dalam praktinya, Meta memungkinkan pengguna Facebook mendapatkan akses cepat ke fitur kunci profil, hingga menghadirkan tim khusus untuk memantau kondisi di negara konflik.

Setelah Facebook, kini giliran Instagram yang kebagian fitur khusus untuk pengguna di Ukraina. Fitur yang dimaksud yaitu enkripsi untuk pesan yang dikirimkan melaui Instagram, atau disebut Direct Message (DM).

Enkripsi adalah fitur keamananan yang memungkinkan sebuah pesan diubah menjadi teks rahasia. Dengan begitu, peretas atau hacker tidak dapat membaca pesan dengan mudah sebagaimana pesan aslinya.

Baca juga: Video di Feed Instagram Dukung Subtitle Otomatis, Termasuk Bahasa Indonesia

"Kreator dan influencer ternama di Rusia, aktivis hingga musisi menggunakan Facebook serta Instagram untuk mengakses informasi dan menyuarakan penolakan invasi. Kami ingin mereka terus melakukannya. Kami juga ingin orang-orang di Rusia dapat mendengar (info) dari Presiden Ukraina Zelenskyy dan orang lain di Ukraina," kata Nick Clegg, President of Global Affairs Meta, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (3/3/2022).

Fitur enkripsi di DM Instagram tersedia untuk pengguna dewasa di Ukraina dan Rusia. Perusahaan mengatakan akan memberikan notifikasi kepada pengguna tentang opsi enkripsi itu. Dengan begitu, mereka dapat mengaktifkan fitur enkripsi DM Instagram ketika diperlukan.

Enkripsi juga tersedia di Messenger dan WhatsApp

Fitur enkripsi sebenarnya sudah dipasang di beberapa aplikasi milik Meta, termasuk Facebook Messenger dan WhatsAp. Kedua aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan dan mengobrol satu sama lain melalui fitur grup.

Namun demikian, enkripsi sebelumnya tidak tersedia di DM Instagram. Sementara itu, Meta berkeinginan untuk membuat penggunanya aman selama menggunakan aplikasi miliknya, khususnya pengguna di Ukraina dan Rusia yang tengah dilanda konfilk.

Baca juga: Facebook, YouTube, hingga TikTok Kompak Blokir Akun Milik Rusia

"Kami merasa prioritas kami adalah untuk terus membuat layanan kami tersedia bagi orang-orang dan dapat digunakan seaman mungkin," kata Clegg.

Akun media Rusia di Instagram disembunyikan

Upaya lainnya yang dilakukan Meta adalah mengurangi intensitas munculnya halaman media Rusia di Facebook. Tak hanya di Facebook, Meta menurunkan akun media yang didukung pemerintah Rusia, di Instagram.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.