Kompas.com - 03/03/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google telah memblokir akses media pemerintah milik Rusia, seperti Russia Today (RT) dan Sputnik di YouTube. Langkah ini dilakukan Google pasca-invasi Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Kali ini, Google mempertegas sikapnya dengan memblokir aplikasi RT dan Sputnik dari toko aplikasi Play Store di Eropa. Kedua outlet media itu sebelumnya telah dijatuhi sanksi oleh Uni Eropa sebagai dampak invasi Rusia ke Ukraina.

Dilaporkan Tech Crunch, pembatasan ini hanya berlaku di wilayah Uni Eropa, Inggris, Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss. Artinya, negara di luar wilayah tersebut masih bisa mengunduh aplikasi RT dan Sputnik, termasuk jika warga Uni Eropa memanfaatkan VPN.

Sebelumnya, Google telah memblokir aplikasi RT News di Ukraina atas permintaan pemerintah di Kiev.

Baca juga: Rusia Kirim Surat ke Google, Desak Cabut Pemblokiran YouTube Media Pemerintah

"Kami konsisten dengan sikap yang telah kami jelaskan untuk mengurangi rekomendasi, menangguhkan monetisasi, dan membatasi jangkauan media yang dibiayai pemerintah Rusia, maka aplikasi mobile untuk kanal berita Rusia, RT dan Sputnik tidak lagi tersedia di Play Store di wilayah Uni Eropa," jelas Google.

"Tim kami terus mengawasi situasi (Rusia-Ukraina) sepanjang waktu untuk mengambil tindakan cepat," imbuh Google, dihimpun dari Tech Crunch, Kamis (3/3/2022).

Sebelum memblokir akses media Rusia di YouTube, Google lebih dulu membatasi iklan kedua kanal tersebut. Pembatasan ini juga hanya berlaku di wilayah Eropa saja.

Mengetahui medianya diblokir, pemerintah Rusia dikabarkan mendesak Google untuk membuka akses terhadap pembatasan tersebut.

Permintaan tersebut disebut disampaikan oleh lembaga yang mengawasi aspek komunikasi, teknologi informasi, dan media massa di Rusia, atau biasa disebut Roskomnadzor.

Apple, Meta, dan TikTok juga blokir media Rusia

Selain Google, perusahaan teknologi lain juga melakukan aksi serupa. Apple baru-baru ini juga mengumumkan untuk menghentikan penjualan produknya di Ryusia untuk sementara waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.