Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Rp 2.500, Begini Cara Transfer Antar-bank via BI Fast di BNI

Kompas.com - 03/03/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.comTransfer antar-bank di BNI kini bisa dilakukan dengan biaya yang cukup murah, yakni hanya sebesar Rp 2.500, dengan memanfaatkan layanan BI Fast. Sebelumnya, transfer bank BNI ke bank lainya dikenakan biaya sebesar Rp 6.500.

Layanan transfer antar-bank dengan biaya Rp 2.500 tersebut bisa diakses lewat BNI Mobile Banking. Sebelum bisa menikmati layanan tersebut, nasabah BNI harus memiliki akun pengguna terlebih dahulu di BNI Mobile Banking.

Baca juga: Begini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri dsb

Pendaftaran bisa dilakukan langsung di aplikasi dengan memilih menu “Register”, kemudian memasukkan data diri, seperti seperti username, nomor kartu debit BNI, alamat e-mail aktif, MPIN, Password Transaksi, dan sebagainya.

BNI Mobile Banking bisa diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iPhone). Setelah memiliki aplikasi serta akun penggunanya, berikut cara transfer antar-bank via BI Fast di BNI:

  • Buka aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel, lalu login menggunakan akun pengguna Anda
  • Pilih menu transfer, lalu klik opsi “BI Fast”
  • Pilih bank tujuan transfer
  • Masukkan nomor rekening tujuan serta nominal yang hendak ditransfer
  • Klik selanjutnya dan masukkan Password Transaksi untuk menyelesaikan permintaan transfer tersebut.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, layanan transfer antar-bank menggunakan BI Fast hanya dapat digunakan melalui BNI Mobile Banking.

Sementara itu, BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Sebagai suatu sistem, BI Fast bukanlah berupa aplikasi khusus, melainkan layanan yang langsung terintegrasi dan dapat diakses melalui aplikasi buatan industri sistem pembayaran, salah satunya seperti BNI Mobile Banking.

Baca juga: Mengenal BI FAST, Layanan Transfer Antar-bank Online Hanya Rp 2.500

Melalui layanan BI Fast, Bank Indonesia menawarkan berbagai keunggulan bagi bank peserta dan nasabah, mulai dari waktu penyelesaian transaksi lebih cepat, keamanan lebih tinggi, serta biaya transaksi antar-bank yang relatif murah, hanya Rp 2.500..

Biaya transfer antarbank Rp 2.500 tersebut berlaku untuk bank yang sudah bergabung dalam BI Fast. Sejauh ini sudah terdapat 42 bank yang jadi peserta layanan BI Fast, diantaranya seperti bank BNI, BCA, Mandiri, dan sebagainya.

Itulah cara transfer antar-bank via BI Fast di BNI, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com