Kompas.com - 04/03/2022, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Facebook mengumumkan akan menutup fitur Campus di platformnya. Facebook Campus adalah jejaring sosial yang dikhususkan untuk civitas akademika di perguruan tinggi, atau mereka yang memiliki alamat email pendidikan @.edu.

Penutupan layanan Campus diumumkan Facebook melalui pesan kepada pengguna. Menurut pesan tersebut, Facebook Campus akan ditutup pada 10 Maret.

Informasi menyangkut profil, grup, postingan dan data lainnya juga akan dihapus oleh Facebook. Pengguna masih dapat melihat serta mengunduh data miliknya melalui fitur backup yang disediakan.

Baca juga: Facebook, YouTube, hingga TikTok Kompak Blokir Akun Milik Rusia

Ke depannya, Facebook mengarahkan pengguna Campus untuk menggunakan Facebook Group yang tersedia pada aplikasi utama perusahaan.

"Sejak kami meluncurkan Campus, sudah menjadi misi kami untuk membantu mendekatkan komunitas perguruan tinggi. Namun kami menyadari bahwa cara terbaik untuk hal tersebut adalah melalui Facebook Group," kata Facebook dalam pesan di Campus.

Upaya ini juga sejalan dengan hasil evaluasi internal perusahaan. Juru bicara Facebook mengatakan bahwa ide Campus muncul karena pelajar menggunakan Facebook Group untuk kuliah.

Untuk itu, Facebook mengeksplorasi produk khusus yakni Campus, agar memberikan pengalaman yang lebih baik. Namun pada akhirnya Facebook menyadari bahwa fitur Group lebih baik dibanding Campus.

"Kami memutuskan untuk mengakhiri uji coba Facebook Campus. Kami mempelajari cara terbaik untuk mendukung mahasiswa, dan salah satu alat yang paling efektif untuk menyatukan mereka yaitu Facebook Group," kata juru bicara Facebook dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (4/3/2022).

"Kami sudah menginformasikan mereka bahwa Campus tidak akan tersedia lagi dan kami menyarankan mereka bergabung dengan Facebook Group perguruan tinggi yang relevan," imbuh Facebook.

Baca juga: Rusia Batasi Akses ke Facebook

Kurang daya tarik

Menurut konsultan media sosial Matt Navarra, cukup sedikit pengguna yang bereaksi pada rencana penutupan Facebook Campus. Oleh karena itu Navarra menyimpulkan bahwa fitur Campus kemungkinan kurang daya tarik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.