Kompas.com - 04/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI), kini tak perlu khawatir dengan biaya transfer antar-bank. BSI telah memberlakukan kebijakan transfer antar-bank dengan biaya hanya Rp 2.500, melalui layanan BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment.

Layanan transfer BI Fast BSI dengan biaya Rp2.500 tersebut bisa dilakukan nasabah lewat aplikasi BSI Mobile. Namun, sebelum bisa menikmati layanan tersebut, nasabah BSI harus memiliki atau telah mengaktivasi akun pengguna terlebih dahulu di BSI Mobile.

Baca juga: Cara Top Up e-Money lewat Livin by Mandiri dan BSI Mobile

Aktivasi BSI Mobile bisa dilakukan langsung di aplikasi dengan memilih menu “aktivasi”. Kemudian memasukkan nomor ponsel aktif dan kode aktivasi yang dikirim melalui SMS. Kode aktivasi tersebut bisa didapat dengan menghubungi call center BSI di nomor 14040.

BSI Mobile sendiri bisa diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iPhone). Setelah memiliki aplikasi serta akun penggunanya, berikut cara transfer BI Fast BSI lewat aplikasi BSI Mobile:

  • Buka aplikasi BSI Mobile dan login menggunakan akun pengguna Anda
  • Pilih menu “Transfer” yang ada di halawan awal aplikasi
  • Kemudian, pilih menu “BI Fast”
  • Pilih layanan “Transfer BI Fast”
  • Masukkan nomor rekening tujuan
  • Masukkan nominal yang ingin ditransfer
  • Selanjutnya, ikuti langkah sesuai petunjuk hingga transaksi berhasil.

Dikutip dari laman resmi BSI, cara transfer BI Fast BSI tidak hanya bisa diakses nasabah lewat BSI Mobile, melainkan bisa juga melalui mesin BSI Net, dan Teller di seluruh kantor cabang BSI.

Dengan BI Fast, BSI semakin mengakselerasi layanan digital ke seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan transaksi real time, cepat, aman, murah dan sesuai prinsip syariah.

Sementara itu, BI Fast sendiri merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Sebagai suatu sistem, BI Fast bukanlah berupa aplikasi khusus, melainkan layanan yang langsung terintegrasi dan dapat diakses melalui aplikasi buatan industri sistem pembayaran, salah satunya seperti BSI Mobile.

Baca juga: 2 Cara Transfer Antar-bank via BI Fast di BCA, Biaya Cuma Rp 2.500

Melalui layanan BI Fast, Bank Indonesia menawarkan berbagai keunggulan bagi bank peserta dan nasabah, mulai dari waktu penyelesaian transaksi lebih cepat, keamanan lebih tinggi, serta biaya transaksi antar-bank yang relatif murah, hanya Rp 2.500.

Biaya transfer antar-bank Rp 2.500 tersebut berlaku untuk bank yang sudah bergabung dalam BI Fast. Sejauh ini sudah terdapat 42 bank yang jadi peserta layanan BI Fast, diantaranya seperti bank BSI, BNI, BCA, Mandiri, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.