Remaja Pelacak Jet Elon Musk Kini Incar Putin dan Elite Rusia

Kompas.com - 04/03/2022, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu nama Jack Sweeney ramai diperbincangkan di internet karena "menguntit" pergerakan jet pribadi milik CEO Tesla Elon Musk.

Remaja 19 tahun asal Florida, Amerika Serikat, tersebut diketahui menggunakan bot untuk melacak jet Elon Musk, dan melaporkan hasil pelacakannya di akun Twitter dengan handle @ElonJet.

Kini di tengah invasi Rusia ke Ukraina, Sweeney memiliki target baru, yaitu pesawat jet yang berkaitan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan orang penting (VIP) Rusia. Semua hasil pelacakan dilaporkan melalui akun bot di Twitter dengan handle @PutinJet.

Baca juga: Elon Musk Tawari Seorang Remaja Uang Rp 72 Juta gara-gara Akun Twitter

Tak hanya Putin, jet pribadi milik sejumlah miliarder Rusia juga tak lepas dari pelacakan Sweeney. Ia juga melaporkan hasil pelacakan ini melalui akun bot lain di Twitter dengan handle @RUOligarchJets.

Adapun miliarder yang dilacak seperti pemilik klub sepak bola Chelsea, Roman Abramovich, pengusaha yang disebut sebagai orang terkaya Rusia Alisher Usmanov dan Kepala produsen gas terbesar kedua Rusia Novatek, Leonid Mikhelson.

Pergerakan Pesawat Putin dan VIP Rusia

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Sweeney mengungkapkan bahwa netizen Twitter telah mendesaknya untuk melacak Putin, pasca-serangan Rusia ke Ukraina.

Menanggapi permintaan tersebut, Sweeney mulai melacak nama dan nomor ekor pesawat dari jet yang diyakini milik Putin atau pejabat penting Rusia.

Dalam twit pertama akun bot @PutinJet yang diunggah 26 Februari 2022, jet milik VIP Rusia yang dilacak Sweeney memiliki plat nomor RA-96012, RA-96016, RA-96017, RA-96014, RA-96018, RA-96019, RA-96020, RA-96022, RA-96023, RA-96021, dan RA-96024.

Akun bot yang baru dibuat pada Februari 2022 itu juga memanfaatkan data dari transponder pesawat. Data yang tersedia untuk umum ini terdiri dari garis bujur, garis lintang, dan ketinggian.

Melalui sejumlah twit, akun @PutinJet melaporkan informasi soal aktivitas jet VIP Rusia, termasuk lokasi saat lepas landas dan mendarat, serta estimasi waktu penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.