Heboh di TikTok, Ada Apa dengan 7 Maret 2022?

Kompas.com - 04/03/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, linimasa atau For Your Page (FYP) TikTok dihebohkan dengan video singkat yang membahas soal kejadian di tanggal 7 Maret 2022.

Bagi sebagian dari Anda yang aktif bermain TikTok, juga mungkin sempat menjumpai video di FYP dengan caption dan konten yang membahas 7 Maret 2022.

Kejadian 7 Maret 2022 TikTok sebenarnya bukan membicarakan tentang peringatan hari penting atau bersejarah di Indonesia maupun di luar negeri, melainkan mengenai rumor kebijakan TikTok yang bakal diterapkan.

Baca juga: Arti Kata Fafifu Wasweswos yang Ramai di Twitter dan TikTok

Akun yang mengunggah video terkait 7 Maret 2022 di TikTok kebanyakan datang dari content creator atau pembuat konten tentang ulasan sepak bola. Misalnya, video yang diunggah oleh akun dengan handle @fotbaledit_29 pada hari Kamis, (3/2/2022).

@fotball_edit29 .....#tiktokajg #sepakbola #7maret #fyp #xyzbca #viral ? suara asli - sadvibes????

Dalam video yang telah ditonton lebih dari tiga juta kali itu, tampak caption bertuliskan “7 maret”. Meski demikian, isi videonya tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait pembicaraan 7 Maret 2022 TikTok.

Konten video itu hanya berisi foto pemain sepak bola dengan terdapat tulisan “7 maret”. Sementara penjelasan yang cukup panjang datang dari akun dengan handle @fannesfebryanto, yang juga merupakan pembuat konten tentang ulasan sepak bola.

Ia memberi penjelasan terkait kejadian 7 Maret 2022 yang ditanyakan oleh salah seorang penontonnya. Dari penjelasannya, diketahui jika terdapat rumor soal kebijakan TikTok yang bakal melakukan ban atau blokir pada akun yang membuat ulasan sepak bola.

@fannesfebryanto Reply to @marcellinofransisco ? Gentle and nostalgic live piano music - sayabird

Namun, penjelasan tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya karena memang bukan secara resmi diumumkan oleh TikTok. Lantas, sebenarnya ada apa dengan 7 Maret 2022 di TikTok?

Topik ini tidak hanya ramai di TikTok, melainkan pengguna juga banyak mencari penjelasannya di Google Search. Hingga kini ramai diperbincangkan, tidak diketahui siapa yang mulai menyebarkan rumor ini.

Berdasar penelusuran KompasTekno, ternyata kehebohan mengenai kejadian 7 Maret 2022 tersebut, secara tidak langsung berkaitan dengan pembaruan panduan penggunaan TikTok.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber tiktok.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.