Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Google dan YouTube Dikeluhkan Error Sejak Senin Pagi

Kompas.com - 07/03/2022, 12:24 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan Google dan YouTube dikeluhkan sulit diakses atau error oleh sejumlah pengguna internet di Indonesia sejak Senin (7/3/2022) pagi.

Pantauan KompasTekno di situs downdetector.id, keluhan di kedua layanan tersebut terpantau mulai mengalami peningkatan sekitar pukul 10.30 WIB, dengan jumlah sekitar 249 laporan untuk Google, dan 129 laporan untuk YouTube.

Pengguna yang melaporkan adanya gangguan (down) di layanan Google sendiri mengalami kendala ketika mereka membuka situs web melalui Google, menggunakan Google Search, serta masuk ke akun Google.

Baca juga: YouTube Gangguan Pagi Ini, Pengguna Mengeluh Down dan Error

Sementara itu, pengguna YouTube mengeluhkan adanya masalah di koneksi server ketika menonton video, masuk ke akun YouTube, serta menelusuri situs web YouTube.

Berdasarkan uji coba KompasTekno saat berita ini ditulis, layanan Google dan YouTube sendiri tampak bisa diakses secara normal meggunakan layanan internet lainnya seperti IndiHome, operator seluler XL Axiata, Telkomsel, dan beberapa layanan penyedia internet lain.

Namun, sebagian pengguna layanan internet Biznet, mengaku mengalami kendala saat mengakses layanan Google dan YouTube. Menurut pantauan situs Downdetector, laporan gangguan layanan Google dan YouTube juga bebarengan dengan laporan masalah layanan Biznet.

Berdasarkan data downdetector.id sekitar pukul 10.30 WIB, layanan internet Biznet dikeluhkan mengalami gangguan dengan jumlah laporan yang lebih banyak dari Google dan YouTube tadi, yaitu mencapai 599 laporan.

Tangkapan layar layanan Google, YouTube, dan Biznet yang dilaporkan sedang mengalami gangguan.Downdetector.id Tangkapan layar layanan Google, YouTube, dan Biznet yang dilaporkan sedang mengalami gangguan.

Masalah dalam layanan internet Biznet juga dirasakan oleh sejumlah pelanggan Biznet yang menuliskan keluh kesahnya di jejaring sosial Twitter.

Baca juga: YouTube Error, Ini Tanggapan YouTube

Dengan hasil pencarian melalui kata kunci "Google Biznet" atau "Google Down", beberapa pengguna terlihat kompak menuliskan keluhannya bahwa mereka tidak bisa mengakses seluruh layanan Google, termasuk YouTube, Gmail, Classroom, dkk menggunakan layanan internet Biznet.

Salah satu pengguna dengan handle @YahezGun mengatakan, akses ke situs pencarian Google sangat lamban.

Namun, koneksi berjalan normal ketika membuka media sosial, seperti Twitter dan Instagram. Hal serupa juga ditulis pengguna dengan handle @nonaretwet.

"Biznet gak bisa buka layanna Google, tapi buka yang lain lancar, kayak bing.com, duckduckgo.com, Facebook," twitnya.

KompasTekno sudah menghubungi pihak Biznet untuk mengonfirmasi apakah ada gangguan di layannya, sebagaimana keluhan pengguna di media sosial. Namun hingga berita ini ditulis, kami belum mendapatkan respons terkait gangguan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com