Apa Itu Incognito Mode dan Seberapa Kuat Rahasia yang Dijaganya?

Kompas.com - 07/03/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sering berselancar di internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur Incognito Mode yang biasa tersemat di aplikasi browser.

Bahkan, sebagian pengguna mungkin juga sudah lihai dalam menggunakan Incognito Mode untuk browsing di internet. Kendati demikian, tak jarang terdapat pengguna yang belum mengetahui apa itu Incognito Mode.

Incognito Mode atau mode samaran merupakan fitur khusus yang biasa terdapat pada aplikasi browser, seperti Google Chrome, Mozilla FireFox, atau Safari, untuk menjaga privasi aktivitas pengguna di internet.

Baca juga: Macam-macam Browser Internet untuk HP dan Komputer

Cara mengaktifkan Incognito Mode bisa dilakukan dengan memilih opsi bertajuk “Incognito” di browser tersebut, baik di ponsel maupun laptop. Setelah itu, browser bakal menampilkan latar hitam saat Incognito Mode aktif.

Incognito Mode di browser tersebut biasanya juga disimbolkan dengan ikon topi dan kacamata hitam, layaknya orang yang sedang menyamar. Fungsi Incognito Mode sebenarnya sudah tercerminkan lewat simbol itu.

Fungsi Incognito Mode

Secara umum, fungsi Incognito Mode adalah untuk membuat aktivitas browsing pengguna di internet tidak terekam atau dirahasiakan.

Saat Anda selesai berselancar di internet menggunakan Incognito Mode, aplikasi browser tidak bakal menyimpan cookie atau kumpulan informasi yang berisi riwayat aktivitas ketika menelusuri sebuah website.

Misalnya, Anda telah mengakses beberapa platform seperti Google Search, Gmail, Facebook, Twitter, dan sebagainya di satu waktu pada aplikasi browser. Dengan Incognito Mode, aktivitas Anda di semua platform tersebut tidak bakal disimpan oleh browser.

Anda menjadi seolah tidak pernah mengakses dan mengunjungi platform tersebut. Incognito Mode memungkinkan Anda untuk beraktivitas di internet secara diam-diam, tidak dikenali, atau anonim.

Semua riwayat aktivitas penelusuran bakal tidak terdeteksi dan cookie yang telah dibuat akan segera dihapus, setelah Anda selesai browsing menggunakan Incognito Mode.

Halaman:
Sumber wired.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.