Netflix Setop Layanan dan Proyek Film di Rusia

Kompas.com - 07/03/2022, 16:15 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Seperti perusahaan teknologi lainnya, Netlix juga mengambil tindakan tegas pada Rusia atas invasi ke Ukraina. Dalam sebuah pernyataan Netflix memastikan menghentikan layanannya di Rusia.

"Mengingat kondisi di lapangan, kami memutuskan untuk menangguhkan layanan kami di Rusia," kata Netflix dalam pernyataan resmi.

Namun perusahaan tidak menjelaskan secara rinci sampai kapan layanannya akan ditutup. Dihimpun dari CNBC, jumlah pelanggan Netflix di Rusia sendiri tergolong kecil.

Jumlah pelanggan di sana tidak lebih dari 1 juta. Sementara jumlah keseluruhan pelanggan Netflix secara global adalah 222 juta.

Sebenarnya, upaya ini bukan kali pertama diambil Netflix. Sebab, sebelumnya perusahaan juga menanggapi konflik Rusia-Ukraina dengan menangguhkan semua rencana produksi dan akuisisi konten di Rusia. Artinya, keputusan untuk menutup layanan perusahaan menjadi upaya lebih lanjut dari Netflix.

Baca juga: Film Downfall di Netflix Soroti MCAS Boeing Penyebab Lion Air JT610 Jatuh

Dihimpun KompasTekno dari Variety, Senin (7/3/2022), Netflix mulai hadir di Rusia pada tahun 2016. Layanannya mengudara di negara tersebut berkat kerja sama dengan National Media Group Rusia dan kini memiliki sekitar satu juta pengguna.

Konten baru yang direncanakan Netflix di Rusia yaitu empat film orisinal, termasuk serial drama misteri Zato, Anna K tentang kehidupan sosialita Anna Kareinna serta Nothing Special.

Ketiganya sudah dalam proses pengambilan gambar (shooting), namun, produksinya ditunda karena situasi konflik antara Rusia dan Ukraina.

Disney dan Warner Bros tunda rilis film

Selain Netflix, Walt Disney pada akhir Februari mengumumkan penangguhan semua rilis film di Rusia. Keputusan ini berdampak pada peluncuran film Turning Red yang dijadwalkan tayang perdana pada 10 Maret.

Pada hari yang sama, Warner Bros juga menyatakan akan mengyetop peluncuran The Batman di negara tersebut.

Baca juga: Game BioShock Diadaptasi Jadi Film Netflix

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.