Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Fitur "Tab Komunitas", Apa Fungsinya?

Kompas.com - 07/03/2022, 18:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru. Kali ini, aplikasi perpesanan itu dikabarkan tengah menguji coba fitur bernama tab "Community" atau "komunitas" dalam bahasa Indonesia.

Kabar mengenai kehadiran fitur ini dibagikan oleh WABetaInfo, sebuah situs pembocor yang kerap membeberkan fitur-fitur WhatsApp yang belum dirilis secara resmi.

Sesuai namanya, fitur tab "Komunitas" berfungsi untuk melihat daftar komunitas yang tergabung di kontak WhatsApp pengguna.

Admin setiap grup dapat memindahkan grup mereka ke tab "Komunitas", sehingga terpisah dengan kumpulan percakapan personal yang ada di tab "Chats".

Baca juga: 6 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Perlu Uninstall

Tangkapan layar yang menunjukkan lokasi tempat fitur Community diletakkan di aplikasi WhatsApp.WABetaInfo Tangkapan layar yang menunjukkan lokasi tempat fitur Community diletakkan di aplikasi WhatsApp.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur tab Community dapat ditemukan di sisi kiri tab "Chats", menggantikan ikon "Camera". Fitur ini dilambangkan dengan ikon tiga profil orang, seperti ikon grup WhatsApp baru ketika belum memiliki foto profil.

Saat ini, fitur tab Community disebut sedang dalam tahap uji coba di aplikasi WhatsApp Beta versi 2.22.6.9 untuk Android.

Fitur baru untuk Voice Note

Selain fitur tab Community, Whatsapp juga dikabarkan tengah menguji coba fitur yang dapat membantu pengguna menjeda (pause) dan melanjutkan (resume) saat sedang merekam suara di Voice Notes.

Dengan demikian, pengguna bisa berhenti sejenak dan kembali melanjutkan pesan suara hanya dengan menekan tombol jeda yang akan muncul saat merekam pesan suara.

WhatsApp tengah menguji coba fitur yang dapat menjeda dan melanjutkan Voice Notes yang sedang direkam.WABetaInfo WhatsApp tengah menguji coba fitur yang dapat menjeda dan melanjutkan Voice Notes yang sedang direkam.

Pesan suara tersebut juga bisa didengarkan kembali dan dihapus sebelum dikirimkan ke pengguna lain. Pengguna hanya perlu menekan ikon "tempat sampah" yang terletak di sisi kiri bawah aplikasi.

Baca juga: Pemutaran Voice Note WhatsApp Terlalu Cepat? Begini Cara Mengatasinya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (6/3/2022), WhatsApp juga memperkenalkan opsi kepada pengguna untuk memutar Voice Notes di luar ruang obrolan.

Sebelumnya, aplikasi yang berada di bawah naungan perusahaan Meta ini hanya menyediakan opsi untuk membiarkan pengguna menjeda dan memutar kembali Voice Notes yang sudah dikirimkan pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com