Kompas.com - 07/03/2022, 18:32 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung menanamkan teknologi dan fitur termutakhir di ponsel flagship mereka yang meluncur tiap tahun. Termasuk di trio Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra.

Ketiga layar ponsel tersebut kini mengadopsi panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz dan diklaim lebih terang. Selain itu, layar ketiga ponsel ini juga diklaim lebih canggih dari pendahulunya.

Untuk menguji klaim itu, KompasTekno menjajal Samsung Galaxy S22 Ultra untuk merasakan pengalaman penggunaan layar tersebut.

Secara hierarki, Samsung Galaxy S22 Ultra adalah perangkat teratas di Galaxy S22 Series.

Ponsel ini memiliki layar yang paling luas dari kedua "saudaranya" dengan ukuran 6,8 inci dengan resolusi WQHD Plus (3.088 x 1.440 piksel), juga lebih terang dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1.750 nits.

Baca juga: Fitur Galaxy S22 Ultra yang Ada di Samsung S22 dan S22+

Samsung juga menyematkan teknologi Vision Booster, yang memungkinkan konten di dalam layar bisa terlihat dengan jelas meski di bawah sinar matahari yang terik sekalipun.

Hal ini pun dirasakan KompasTekno ketika kami membawa Galaxy S22 Ultra dan menggunakannya di luar ruangan dalam kondisi siang hari yang cukup cerah.

Dalam kondisi tersebut, kami tidak merasa kesulitan melihat ketika kami menjelajah berbagai menu atau melihat berbagai konten di dalam layar ponsel ini.

Ilustrasi konten di layar Galaxy S22 Ultra yang masih bisa dilihat meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi konten di layar Galaxy S22 Ultra yang masih bisa dilihat meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.
Selain konten bisa dilihat dengan mudah, proses navigasi dan animasi berbagai menu di layar ponsel juga terasa sangat mulus berkat fitur Adaptive Refresh Rate 120 Hz.

Fitur ini memungkinkan ponsel untuk menyesuaikan refresh rate layar dengan konten yang ditampilkan. Ketika sebuah game bisa berjalan dengan frame rate 120 fps, misalnya, layar akan menyesuaikan refresh rate-nya ke angka tersebut.

Lalu apabila melihat konten statis seperti gambar atau artikel di internet, layar akan menyesuaikan refresh rate ke angka terendah untuk menghemat daya.

Tak hanya itu, pengguna Samsung S22 Ultra juga bisa mengaktifkan fitur Eye Comfort Shield untuk membuat layar aman dan enak dipandang mata.

Fitur ini sejatinya bakal menyesuaikan warna yang ditampilkan layar, sekaligus mengurangi cahaya biru yang dapat berakibat negatif untuk mata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.