Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra, Sebagus Apa?

Kompas.com - 07/03/2022, 20:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy S22 Ultra hadir sebagai model teratas dari seri ponsel flagship Samsung di awal 2022 ini. Karena lebih mumpuni dari dua "saudaranya", Galaxy S22 dan S22 Plus, tak heran apabila model "Ultra" hadir dengan fitur kamera lebih mumpuni.

Galaxy S22 Ultra dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8, wide), kamera ultrawide 12 MP, kamera telefoto "periskop" 10 MP (f/4.9, 10x optical zoom), serta kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom). 

Di bagian depan ponsel ini, terdapat juga kamera selfie dengan resolusi 40 MP (f/2.2).

Nah, selama beberapa minggu, KompasTekno berkesempatan menguji kebolehan seluruh kamera yang dipasang di Samsung Galaxy S22 Ultra.

Selain itu, kami pun menjajal sejumlah fitur kamera yang ada di ponsel ini seperti mode malam (Night Mode), Macro, Portrait, 108 MP, SpaceZoom 100x, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana hasil foto kamera Samsung Galaxy S22 Ultra?

Hasil foto kamera 108 MP

Hasil foto kamera 108 MP (f/1.8) Galaxy S22 Ultra untuk mode normal di kondisi pencahayaan yang terang. Bisa dilihat, hasil foto tampil cukup bagus dengan detail obyek yang warna yang tajam. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 108 MP (f/1.8) Galaxy S22 Ultra untuk mode normal di kondisi pencahayaan yang terang. Bisa dilihat, hasil foto tampil cukup bagus dengan detail obyek yang warna yang tajam.

Pertama-tama, kami tentunya menjajal kamera utama 108 MP di mode bawaan (default) atau otomatis. Mode ini langsung bisa digunakan pengguna ketika membuka aplikasi kamera.

Hasil foto mode otomatis ini bisa dibilang bagus, sehingga pengguna yang awam di bidang fotografi bisa menghasilkan foto ciamik dengan mudah.

Pada hasil foto 108 MP mode normal atau otomatis di atas, misalnya, detail di dalam foto, seperti detail obyek rumput, jalan setapak, hingga tanaman-tanaman tampak tajam dengan kualitas warna yang menyerupai aslinya.

Baca juga: Perbedaan dan Teknologi Kamera Samsung Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra

Perlu diketahui, mode default kamera utama Galaxy S22 Ultra sendiri mengandalkan teknologi Nona-Binning, di mana tiap sembilan piksel dalam hasil foto akan digabung menjadi satu piksel besar untuk meningkatkan kualitas gambar.

Walhasil, hasil akhir foto akan memiliki resolusi 3.000 x 4.000 piksel alias 12 MP (108 dibagi 9) dan kualitas gambar akan jauh lebih detail dan terang dengan dynamic range tinggi.

Selain itu, ukuran file (file size) foto 12 MP juga akan jauh lebih kecil dibanding foto yang memiliki resolusi 108 MP (12.000 x 9.000 piksel) sungguhan.

Hasil foto kamera 108 MP (f/1.8) Galaxy S22 Ultra untuk mode 108 MP di kondisi pencahayaan yang terang. Bisa dilihat, hasil foto tampil cukup bagus dengan detail obyek yang warna yang tajam. 

Karena ini merupakan mode 108 MP, maka hasil foto juga bisa diperbesar di galeri ponsel untuk melihat berbagai detail obyek kecil yang ada di dalam foto, seperti meja makan, bangunan hitam, dan lain sebagainya dengan jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 108 MP (f/1.8) Galaxy S22 Ultra untuk mode 108 MP di kondisi pencahayaan yang terang. Bisa dilihat, hasil foto tampil cukup bagus dengan detail obyek yang warna yang tajam. Karena ini merupakan mode 108 MP, maka hasil foto juga bisa diperbesar di galeri ponsel untuk melihat berbagai detail obyek kecil yang ada di dalam foto, seperti meja makan, bangunan hitam, dan lain sebagainya dengan jelas.

Meski demikian, ponsel ini memiliki mode 108 MP untuk menghasilkan foto tanpa mengandalkan teknologi Nona-Binning. Mode ini bisa dipakai dengan mengklik mode "108 MP" di ikon rasio gambar di deretan menu di bagian atas tampilan aplikasi kamera.

Ketika diuji coba, hasil foto mode 108 MP sekilas sama saja dengan hasil foto mode normal. Namun, karena resolusinya lebih besar, obyek-obyek kecil di dalam foto pun akan terlihat dengan cukup jelas apabila hasil foto diperbesar. 

Hasil foto mode malam "Nightography"

Samsung menghadirkan julukan baru untuk serangkaian teknologi baru yang berguna untuk meningkatkan kualitas foto malam hari atau di kondisi minim cahaya di Galaxy S22 Ultra, yaitu "Nightography".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com