Kompas.com - Diperbarui 29/05/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.comApakah WhatsApp bisa disadap? Pertanyaan ini mungkin seakan meremehkan sistem keamanan platform pesan instan terpopuler saat ini. WhatsApp sendiri memang punya sistem verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun pengguna dari peretasan. 

Meski demikian, kenyataannya ada orang yang sengaja melakukan praktik penyadapan akun WhatsApp. Modus kejahatan terbaru di WhatsApp yang kini kerap terjadi adalah penyadapan akun lewat metode social engineering.

Caranya, peretas bakal login WhatsApp menggunakan nomor pengguna, lalu mereka akan mengelabui pengguna lewat pesan supaya mau mengirimkan kode OTP. Apabila pengguna mengirimkan kode tersebut, akun WhatsApp miliknya akan diambil alih oleh peretas.

Baca juga: 6 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Perlu Uninstall

Kode OTP itu biasanya terdiri dari enam digit angka dan huruf yang dikirimkan ke nomor pengguna melalui SMS. Fungsinya untuk melakukan verifikasi akun saat login ke aplikasi WhatsApp.

Dengan mengirimkan kode OTP itu ke peretas, akun pengguna bakal log out otomatis dari perangkat miliknya dan akan login di perangkat milik peretas. Kemudian, akun yang diambil alih itu pun bisa disalahgunakan oleh peretas.

Dengan demikian, saat akun WhatsApp diambil alih peretas atau disadap, penting bagi pengguna untuk segera mengetahuinya. Dikutip dari Alphr, terdapat cara mengetahui WhatsApp disadap dengan mengamati tanda-tandanya sebagai berikut:

  1. Akun WhatsApp terlihat aktif di perangkat asing. Saat terhubung ke WhatsApp versi web, Anda bisa memeriksa perangkat mana saja yang tertaut dengan akun tersebut pada opsi “Perangkat Tertaut” di aplikasi WhatsApp ponsel.
  2. Terdapat pesan terkirim di WhatsApp yang bukan dibuat oleh Anda
  3. Pesan di WhatsApp tiba-tiba terbaca tapi bukan Anda yang melakukannya
  4. Terdapat SMS masuk berisi kode OTP yang digunakan untuk login WhatsApp, padahal akun WhatsApp Anda telah aktif
  5. Profil akun WhatsApp berubah sendiri, berbeda dengan pengaturan Anda. Perubahan ini bisa diperiksa lewat menu “Pengaturan” Whatsapp dan klik ikon profil. Apabila nama akun berubah padahal Anda tidak menggantinya, bisa jadi WhatsApp Anda telah disadap dan diganti profilnya.
  6. Akun WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya, padahal Anda sedang tidak melakukan pengaturan untuk mengeluarkan akun tersebut.

Itulah ciri-ciri akun WhatsApp yang disadap. Apabila menjumpai ciri-ciri tersebut maka bisa dipastikan akun WhatsApp Anda telah disadap oleh orang asing yang tidak dikenal. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp disadap?

Cara mengatasi WhatsApp disadap

Setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan bila menjumpai akun WhatsApp Anda telah disadap oleh seseorang. Selengkapnya, simak penjelasan dua cara mengatasi WhatsApp disadap, sebagai berikut:

1. Menginstal ulang WhatsApp

Saat mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout dari perangkat, Anda bisa mencoba untuk menginstal ulang aplikasi. Caranya hapus aplikasi WhatsApp, kemudian unduh dan instal kembali.

Saat membuka WhatsApp, login dengan menggunakan nomor WhatsApp yang telah diretas tadi. Anda bakal diminta verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber alphr.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.