Viral di TikTok, Begini Arti Kata “Ura” yang Kerap Diucapkan Putin

Kompas.com - 08/03/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, ramai berseliweran cuplikan video pidato Presiden Rusia Vladimir Putin di platform media sosial TikTok.

Cuplikan video tersebut bukanlah menayangkan pernyataan Putin soal kejadian invasi Rusia ke Ukraina, melainkan menyorot kata “Ura” sebagai penutup pidato yang dilafalkan oleh Putin dengan tegas.

Baca juga: Pengguna TikTok di Rusia Tak Bisa Live Streaming dan Bikin Konten

Sebagian dari Anda mungkin pernah melihat cuplikan video pidato Putin yang melafalkan kata “Ura” di linimasa atau For Your Page (FYP) TikTok. Misalnya, pada video yang diunggah oleh akun dengan handle @official.indonesian.boy berikut ini.

@official.indonesian.boyy Uraaa ????#GoWinterGames #fyp?#vladimirputin #russia #fyp #indonesia #fyp #fyp #fyp ? ????????? - Mnogoznaal

Dalam cuplikan video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 13 juta kali tersebut, terlihat Putin sedang berpidato di depan kelompok militer Rusia. Di akhir pidatonya, Putin meneriakkan kata “Ura”.

Kemudian, disambut oleh para tentara yang hadir dalam sebuah acara itu dengan meneriakkan kata “Ura” juga. Meski telah banyak ditonton, sayangnya video TikTok tersebut tidak menampilkan informasi lebih detail terkait kata “Ura”.

Tidak ada penjelasan mengenai arti kata “Ura” dalam video itu. Bahkan, juga tidak ada informasi yang jelas pada waktu kapan atau dalam acara apa Putin mengucapkan kata tersebut.

Berdasar penelusuran KompasTekno lebih lanjut di platform YouTube, kata “Ura” memang kerap diucapkan Putin sebagai penutup pidato, khususnya dalam acara perayaan Victory Day atau Hari Kemenangan Uni Soviet pada perang dunia kedua.

Sementara itu, video TikTok di atas diketahui bersumber dari potongan pidato Putin dalam acara perayaan Victory Day ke-76 pada tahun 2021. Tidak hanya pada acara tersebut, Putin meneriakkan kata “Ura”.

Tahun-tahun sebelumnya, Putin juga telah menyebut kata itu pada acara yang sama, di periode yang berbeda. Bahkan, semacam ada templat kalimat penutup pidato Putin dari acara tersebut di tiap tahunnya.

Baca juga: Facebook, YouTube, hingga TikTok Kompak Blokir Akun Milik Rusia

Sebelum meneriakkan kata “Ura”, dalam bahasa Inggris Putin biasanya mengatakan "Congratulations! Happy Great Victory Day! Ura!" (Selamat! Selamat Hari Kemenangan Besar! Ura!), dikutip dari kanal YouTube media Rusia, Ruptly, Selasa (8/3/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.