Android 12L Resmi Meluncur, Ini HP dan Tablet yang Pertama Kebagian

Kompas.com - 08/03/2022, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi (OS) Android 12L versi stable untuk ponsel Pixel bikinannya mulai Senin (7/3/2022).

Setelah Pixel, OS Android 12L versi stable selanjutnya akan dirilis untuk perangkat tablet maupun ponsel lipat (foldable phone) bikinan Samsung, Lenovo, dan Micosoft.

Android 12L sendiri merupakan OS turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar. Misalnya seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Sebelum versi stable digelontorkan, Android 12L lebih dulu dirilis dalam versi developer preview (Oktober 2021) serta versi beta 1-3 (Desember 2021 hingga Februari 2022).

Baca juga: Android 13 Resmi Pakai Nama Tiramisu

Untuk perilisan pertamanya kali ini, Android 12L versi stable masih tersedia terbatas untuk lini HP Google Pixel saja, dengan rincian sebagai berikut sebagaimana dihimpun dari XDA Developers:

  • Google Pixel 3a/ 3a XL
  • Google Pixel 4/ 4 XL/ 4a/ 4a 5G
  • Google Pixel 5/ 5a
  • Google Pixel 6/ 6 Pro

Google mengatakan update Android 12L pada ponsel Pixel 6 dan 6 Pro baru akan tersedia pada akhir bulan Maret 2022 ini. Sementara smartphone Pixel lainnya sudah bisa update ke Android 12L.

Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.Google Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.
Google juga mengonfirmasi bahwa Android 12L juga bakal tersedia untuk ponsel atau tablet Android dengan layar besar dari brand lain.

Namun, pengguna agaknya mesti sabar menunggu karena Google belum berniat menggelontorkan OS Android 12L untuk ponsel dan tablet Android berlayar besar dari merek lain dalam waktu dekat.

"Baru mulai akhir tahun ini, kami akan menghadirkan Android 12L ke tablet dan perangkat lipat favorit Anda dengan pembaruan terencana dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft," tulis Google dalam blog resminya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (8/3/2022).

Google sendiri tidak merinci perangkat apa saja dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft yang bakal kebagian pembaruan Android 12L mulai penghujung tahun 2022.

Baca juga: Android 12L Meluncur, Perangkat Apa Saja yang Kompatibel?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.