Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 12L Resmi Meluncur, Ini HP dan Tablet yang Pertama Kebagian

Kompas.com - 08/03/2022, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi (OS) Android 12L versi stable untuk ponsel Pixel bikinannya mulai Senin (7/3/2022).

Setelah Pixel, OS Android 12L versi stable selanjutnya akan dirilis untuk perangkat tablet maupun ponsel lipat (foldable phone) bikinan Samsung, Lenovo, dan Micosoft.

Android 12L sendiri merupakan OS turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar. Misalnya seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Sebelum versi stable digelontorkan, Android 12L lebih dulu dirilis dalam versi developer preview (Oktober 2021) serta versi beta 1-3 (Desember 2021 hingga Februari 2022).

Baca juga: Android 13 Resmi Pakai Nama Tiramisu

Untuk perilisan pertamanya kali ini, Android 12L versi stable masih tersedia terbatas untuk lini HP Google Pixel saja, dengan rincian sebagai berikut sebagaimana dihimpun dari XDA Developers:

  • Google Pixel 3a/ 3a XL
  • Google Pixel 4/ 4 XL/ 4a/ 4a 5G
  • Google Pixel 5/ 5a
  • Google Pixel 6/ 6 Pro

Google mengatakan update Android 12L pada ponsel Pixel 6 dan 6 Pro baru akan tersedia pada akhir bulan Maret 2022 ini. Sementara smartphone Pixel lainnya sudah bisa update ke Android 12L.

Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.Google Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.
Google juga mengonfirmasi bahwa Android 12L juga bakal tersedia untuk ponsel atau tablet Android dengan layar besar dari brand lain.

Namun, pengguna agaknya mesti sabar menunggu karena Google belum berniat menggelontorkan OS Android 12L untuk ponsel dan tablet Android berlayar besar dari merek lain dalam waktu dekat.

"Baru mulai akhir tahun ini, kami akan menghadirkan Android 12L ke tablet dan perangkat lipat favorit Anda dengan pembaruan terencana dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft," tulis Google dalam blog resminya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (8/3/2022).

Google sendiri tidak merinci perangkat apa saja dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft yang bakal kebagian pembaruan Android 12L mulai penghujung tahun 2022.

Baca juga: Android 12L Meluncur, Perangkat Apa Saja yang Kompatibel?

Namun menurut laporan The Verge, berikut adalah daftar tablet dan ponsel yang kebagian Android 12L pertama:

  • Lenovo P12 Pro
  • Microsoft Surface Duo 2
  • beberapa tablet Samsung Galaxy Tab
  • ponsel Samsung Z Fold

Fitur Android 12L

Tampilan bilah notifikasi dan quick settings di antarmuka Android 12L, hadir dengan format dua kolom.Google Tampilan bilah notifikasi dan quick settings di antarmuka Android 12L, hadir dengan format dua kolom.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, OS Android 12L ini ditujukan untuk smartphone atau tablet dengan layar besar. Google pun menyempurnakan tampilan notifikasi, Quick Settings, Lock Screen, Overview, dan juga desain Home Screen untuk perangkat berlayar besar.

Misalnya, notifikasi dan quick settings kini ditampilkan dalam format dua kolom, seperti gambar di atas. Kolom di sebelah kiri khusus untuk quick settings (internet, bluetooth, dark theme, setting, dsb) serta kolom di sebelah kanan khusus notifikasi.

Baca juga: Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya

Lalu, antarmuka setting juga hadir dalam versi dua kolom. Jadi, pengguna tidak perlu repot bolak-balik ke menu awal setting untuk mengakses pengaturan lainnya.

Tak seperti tampilan ponsle biasa, Android 12L memungkinkan ponsel dan tablet layar besar memiliki taskbar di sisi tengah bawah layar. Sepintas tampilan taskbar seperti iPadOS dan mode Samsung DeX di tablet Samsung.

Untuk perangkat tablet, Android 12L turut membawa dukungan fitur split screen. Sesuai namanya, fitur ini bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih.

Mode split screen di Android 12L juga diklaim Google kini menjadi lebih efisien. Pengguna hanya cukup menarik (drag) dan melepas (drop) jendela aplikasi dari taskbar ke layar untuk menjalankannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com