Lokasi Tidak Muncul di Google Maps? Begini Cara Mencarinya

Kompas.com - 08/03/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Nama sebuah lokasi atau tempat tidak selalu muncul di Google Maps. Alasannya, karena informasi lokasi tersebut belum ditambahkan, baik oleh Google Maps sendiri maupun pengguna sebagai relawan pihak ketiga.

Bagi sebagian orang mungkin bakal mengalami kesulitan saat mencari sebuah lokasi yang belum muncul atau terdata di Google Maps. Lokasi yang terdata di Google Maps biasanya ditandai dengan simbol pin dan nama dalam peta.

Sedangkan peta tidak akan memunculkan simbol dan nama tersebut pada lokasi yang belum terdata. Meski lokasi tidak muncul di Google Maps, pengguna tetap bisa mencari asalkan memiliki titik koordinatnya.

Baca juga: 2 Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat Secara Online via Google Maps dan Situs Resmi

Titik koordinat Google Maps merupakan garis lintang dan bujur yang digunakan Global Positioning System untuk menentukkan letak lokasi pada peta. Setiap lokasi pasti memiliki titik koordinat di Google Maps.

Dengan fungsi titik koordinat tersebut, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari simbol dan nama lokasi yang tidak muncul di Google Maps. Anda bisa memasukkan titik koordinat dari lokasi tersebut di Google Maps untuk mencarinya.

Cara memasukkan titik koordinat di Google Maps cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki titik koordinat dari lokasi tersebut terlebih dahulu. Selengkapnya, berikut cara memasukkan titik koordinat di Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda, atau bisa juga lewat Google Maps versi web
  • Masukkan titik koordinat yang telah Anda dapatkan tadi di kolom pencarian.
  • Format titik koordinat yang bisa dimasukkan antara lain Derajat Desimal (DD); Derajat, Menit, dan Detik (DMS); Derajat dan Menit Desimal (DMM)
  • Contoh titik koordinat dengan format DD: 41.40338, 2.17403
  • Contoh titik koordinat dengan format DMS: 41°24'12.2"N 2°10'26.5"E
  • Contoh tiitk koordinat dengan format DMM: 41 24.2028, 2 10.4418

Setelah titik koordinat tersebut telah dimasukkan, Google Maps bakal mulai melakukan proses pencarian dan menunjukkan lokasinya ke Anda. Kemudian, Anda bisa mulai mengatur rute perjalanan ke lokasi tersebut.

Apabila telah memiliki titik koordinat mungkin bisa langsung mencari lokasi yang tidak muncul di Google Maps. Namun, bagaimana jika lokasi tidak muncul dan tidak diketahui titik koordinatnya?

Tenang, ada cara mencari titik koordinat di Google Maps dengan mudah. Seperti telah  dikatakan di awal, setiap lokasi pasti memiliki titik koordinat di Google Maps.

Baca juga: Gempa Juga Bisa Dipantau dari Google Maps

Anda bisa langsung melihat titik koordinat di Google Maps dari sebuah lokasi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut cara mencari titik koordinat di Google Maps, sebagaimana dilansir laman resmi dukungan Google, Selasa (8/3/2022).

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda
  • Cari kemungkinan lokasi yang bakal Anda kunjungi
  • Klik beberapa saat di titik lokasi itu hingga muncul pesan “Pin dipasang”
  • Gulir ke bawah hingga menemukan tulisan dengan format titik koordinat seperti pada contoh di atas.
  • Setelah menemukan format titik koordinat tersebut, Anda bisa menyalinnya. 

Ilustrasi cara mencari titik koordinat di Google Maps pada lokasi yang tidak terdataKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mencari titik koordinat di Google Maps pada lokasi yang tidak terdata

Cara di atas dijajal KompasTekno menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.3.1. Beda platform Google Maps, model ponsel, dan versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya.

Itulah cara melihat titik koordinat di Google Maps untuk mencari lokasi yang tidak terdata, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.