Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah operator seluler di Indonesia, seperti Telkomsel dan XL Axiata, berencana untuk mematikan jaringan 3G dalam beberapa waktu ke depan.

Artinya, ponsel 4G atau 5G bakal mulai menjejali pasar ponsel Tanah Air dalam beberapa waktu ke depan.

Selain smartphone 4G dengan sistem operasi (OS) Android yang sudah bertebaran, feature phone atau ponsel fitur masa kini juga banyak yang sudah dibekali dengan jaringan 4G.

Beragam ponsel fitur bermerek Nokia, misalnya, kini ada versi 4G-nya yang sudah dibekali dengan 4G VoLTE, sehingga panggilan suara akan lebih jernih. Beberapa di antaranya seperti Nokia 105, 110, 215, 220, 225, dan lain sebagainya.

 Baca juga: Nokia 215 dan 225 Dirilis, Feature Phone 4G Bisa VoLTE

Meski demikian, ponsel-ponsel yang dirilis pemegang lisensi merek Nokia (HMD Global) tersebut ternyata tidak masuk ke pasar Indonesia secara resmi.

Sebagai alternatif, pengguna bisa memilih sejumlah ponsel fitur dari beberapa vendor yang sudah dibekali dengan konektivitas 4G, salah satunya adalah Advan Hape Online.

Ponsel yang dirilis Advan dan Indosat pada akhir tahun 2019 ini ternyata masih dijual di Indonesia per Maret 2022 ini, namun dengan harga yang lebih mahal lantaran mungkin sulit didapatkan di pasaran. 

Pantauan KompasTekno, sejumlah toko online menjual perangkat tersebut dengan kisaran harga Rp 600.000-700.000, lebih mahal dari harga peluncuran Rp 449.000.

 Baca juga: Bocoran Video Ungkap OS Android untuk Feature Phone

Smartfren Andromax Prime 4GSmartfren Smartfren Andromax Prime 4G

Kemudian ada Andromax Prime, ponsel fitur 4G yang dirilis Smartfren sekitar 2017 lalu. Sama seperti Advan Hape Online, ponsel ini juga kini dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding harga peluncurannya.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, sejumlah toko online menjual perangkat tersebut dengan kisaran harga Rp 400.000-600.000, lebih mahal dari harga peluncurannya yang dipatok di angka Rp 350.000.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.