Kompas.com - 08/03/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.comCek kecepatan internet di MacOS Monterey kini bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Bagi pengguna dekstop Apple, seperti Macbook atau iMac, mungkin tidak asing lagi dengan MacOS Monterey.

Ya, MacOS Monterey merupakan versi terbaru sistem operasi untuk produk dekstop Apple yang telah dirilis sejak akhir tahun lalu. Kelebihan MacOS Monterey dibanding sistem operasi versi sebelumnya adalah pengguna bisa cek kecepatan internet dengan mudah.

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Mac dengan Mudah

Kecepatan internet di sini maksudnya adalah kecepatan unduh dan unggah dari sebuah jaringan internet. Apple menyematkan fitur di MacOS Monterey yang memungkinkan untuk bisa memeriksa seberapa cepat jaringan internet Anda.

Fitur ini mungkin sangat berguna bagi Anda pengguna dekstop Apple dengan MacOS Monterey, yang sering berkecamuk dalam hal mengakses layanan di internet, seperti berkirim e-mail, mengunggah dokumen, dan sebagainya.

Dengan mengetahui kecepatan internet yang dimiliki, Anda bisa bekerja dengan tenang. Informasi kecepatan internet itu mungkin juga bakal berguna untuk menentukkan tindakan dalam mengatasi masalah, saat koneksi sedang mengalami gangguan.

Cara cek kecepatan internet di MacOS Monterey bisa dilakukan lewat aplikasi Terminal bawaan dekstop. Penasaran dengan cara cek kecepatan internet di MacOS Monterey? simak penjelasannya di bawah ini.

Cek kecepatan internet di MacOS Monterey lewat Terminal

  • Pastikan dekstop Apple Anda telah terhubung dengan koneksi internet
  • Buka aplikasi Terminal di dekstop Anda, dengan cara klik ikon Launchpad di bar menu layar home. Kemudian pilih folder “Other” dan klik “Terminal”
  • Setelah aplikasi Terminal terbuka, ketik command atau perintah “networkquality” (tanpa tanda petik dan spasi)
  • Selanjutnya, klik tombol Enter dan tunggu beberapa detik hingga sistem berhasil menganalisis kecepatan internet milik Anda
  • Terakhir, aplikasi Terminal bakal menampilkan ringkasan informasi mengenai jaringan internet Anda.

Ringkasan informasi jaringan internet dari hasil analisis aplikasi Terminal tersebut, meliputi informasi kecepatan pengunduhan, pengunggahan, dan RPM (round-trips per minute) atau jumlah data yang bisa ditransmisikan per menit.

Semakin banyak RPM yang bisa didapat maka semakin baik pula kualitas kecepatan internet Anda. Dari ringkasan tersebut, bakal muncul tiga klasifikasi RPM, yakni high, medium, dan low.

Klasifikasi itu menunjukkan kualitas kecepatan internet yang Anda miliki. Kualitas kecepatan internet yang paling bagus dimulai dengan klasifikasi high dan seterusnya, sebagaimana dilansir MacWorld, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di Mac lewat Keychain Access

Selain dari cara di atas, Anda juga bisa cek kecepatan internet di MacOS Monterey tanpa aplikasi tambahan melalui website Speedtest. Situs web yang dikembangkan oleh Ookla tersebut memang didesain untuk menguji kecepatan internet.

Selengkapnya, berikut cara cek kecepatan internet di MacOS Monterey lewat website Speedtest.

Cek kecepatan internet di MacOS Monterey lewat Speedtest

  • Buka browser di dekstop Apple Anda, bisa Safari, Google Chrome, atau Mozilla FireFox
  • Kunjungi situs berikut ini https://www.speedtest.net/id 
  • Setelah situs terbuka, klik opsi “Mulai” yang tertera di halaman awal
  • Tunggu beberapa saat hingga situs berhasil menyelesaikan pengujian kecepatan internet
  • Di akhir, Anda bakal disajikan dengan ringkasan informasi mengenai kecepatan pengunduhan, pengunggahan, serta latensi atau kecepatan transmisi data per milidetik.

Itulah dua cara cek kecepakatan internet di MacOS Monterey tanpa aplikasi tambahan. Mudah bukan? selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.