Awas, Aplikasi Antivirus Android Ini Bisa Kuras Saldo Rekening Bank

Kompas.com - 09/03/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi antivirus biasanya memiliki tugas untuk melindungi berbagai perangkat, baik PC maupun smartphone dari berbagai virus atau program berbahaya (malware).

Meski demikian, ada sebuah aplikasi antivirus untuk smartphone Android yang dilaporkan malah membawa virus berbahaya untuk menginfeksi perangkat yang memasang software tersebut.

Hal ini mencuat berdasarkan laporan terbaru yang dirilis firma keamanan siber asal Inggris, NCC Group.

Baca juga: Bukti Antivirus Tak Efektif Bersihkan Android

Menurut mereka, aplikasi yang bernama "Antivirus, Super Cleaner" buatan Zbynek Adamcik tersebut telah ditempeli dengan sebuah malware berjenis trojan yang dijuluki "SharkBot".

Sederhananya, SharkBot bakal menguras rekening bank yang tersimpan di ponsel tanpa sepengetahuan pengguna menggunakan sebuah metode yang dinamai Automatic Transfer System (ATS).

Trojan ini sendiri bakal aktif ketika pengguna membuka aplikasi mobile banking. Setelah itu, program tersebut bakal menyuguhkan sebuah tampilan yang seakan menyerupai aplikasi mobile banking yang dimaksud untuk mengecoh pengguna.

Di belakang aplikasi yang sedang berjalan, SharkBot juga disebut bakal mengaktifkan sistem keylogger untuk mengirimkan informasi kredensial seperti password dan PIN, yang dimasukkan pengguna ke server pembuat aplikasi berbahaya tersebut.

Selain mentransfer uang dari rekening pengguna secara sewenang-wenang, SharkBot juga diklaim bisa melakukan hal-hal lainnya seperti memblokir, menyadap, dan menyembunyikan SMS yang masuk, serta membajak ponsel penguna dari jarak jauh.

Pengguna diminta hapus

Ilustrasi aplikasi Antivirus, Super Cleaner.AndroidPolice Ilustrasi aplikasi Antivirus, Super Cleaner.

Aplikasi Antivirus, Super Cleaner sendiri sebelumnya sempat beredar di toko aplikasi Play Store dan disebut sudah diunduh 1.000 kali.

Baca juga: 8 Antivirus Gratis untuk Android dan Windows

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.