Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Lipat Pertama Vivo Meluncur April, Vivo X Fold?

Kompas.com - 09/03/2022, 11:16 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah Huawei dan Oppo, Vivo tampaknya akan menjadi vendor ponsel selanjutnya yang meluncurkan smartphone layar lipat. Sebab, bocoran terbaru menunjukkan Vivo akan merilis smartphone lipat pertama pada April 2022.

Bocoran yang muncul di internet menyebutkan, smartphone lipat Vivo memiliki kode nama "Butterfly" atau dalam bahasa Indonesia berarti kupu-kupu. Nama ini menggambarkan smartphone lipat yang dapat ditekuk maupun dibentangkan layaknya sayap kupu-kupu.

Menurut bocoran dari situs China Jiemian, seorang sumber mengungkapkan jadwal peluncuran smartphone lipat Vivo, yaitu pada April mendatang.

Menurut informan itu, Vivo akan menampilkan mekanisme engsel yang canggih. Tak hanya itu, smartphone lipat Vivo juga disebut akan dibekali komponen yang mampu bersaing dengan smartphone lipat Huawei maupun Samsung.

Baca juga: Pengiriman Smartphone Lipat Naik Drastis berkat Samsung

Namun ia tidak merinci teknologi seperti apa yang akan melegkapi ponsel Vivo mendatang itu.

Jika bocoran tersebut sesuai dengan rencana perusahaan, maka Vivo akan menjadi vendor smartphone terbaru asal China yang meluncurkan smartphone lipat setelah Honor Magic V dan Oppo Find N.

Disebut Vivo X Fold?

Belum diketahui nama resmi dari smartphone lipat Vivo yang akan datang. Namun bocoran yang berkembang secara online menyebutkan ponsel itu akan disebut Vivo X Fold.

Bocoran terkait desainnya juga sudah diumbar oleh Digital Chat Station, meskipun hanya dalam bentuk skema.

Dalam gambar skema itu tampaknya Vivo X Fold akan memiliki mekanisme lipat ke dalam seperti Galaxy Z Fold. Layar luarnya akan membentang luas seperti Galaxy Z Fold 3.

Skema Vivo X FoldDigital Chat Station Skema Vivo X Fold

Skema itu juga menampilkan modul kamera Vivo X Fold yang berdesain bulat dan menghimpun empat kamera. Tak ketinggalan, penampang ponsel ini juga menyematkan penamaan merek ponsel, yaitu VivoX Fold yang diposisikan secara vertikal.

Baca juga: Jadi Tren di Masa Depan, Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Smartphone Lipat?

Soal spesifikasinya, Vivo X Fold disebut-sebut akan hadir dengan layar luar/sekunder berpanel OLED 6,5 inci (FHD+). Layar utamanya yang dapat dilipat akan memiliki bentang 8 inci (QHD+). Kedua layar akan mendukung refresh rate 120 Hz.

Dapur pacu smartphone lipat Vivo kabarnya akan diperkuat chipset Snapdragon 8 Gen 1 besutan Qualcomm.

Untuk sektor kameranya, ponsel ini akan dilengkapi empat kamera. Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP, ultra wide 48 MP, telefoto 12 MP yang menawarkan zoom optik 2x dan kamera periskop 8 MP dengan zoom optik 5x.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (9/3/2022), Vivo X Fold akan hadir dengan baterai 4.600 mAh dan dukukungan fast charging 80 W.

Namun belum diketahui spesifikasi lain seperti RAM hingga kapasitas memori internal yang bakal melengkapi smartphone lipat Vivo itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com