Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul Telegram, WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur "Polling" di Grup

Kompas.com - 09/03/2022, 12:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp berupaya bersaing dengan Telegram, dengan menguji coba fitur "Polling". Fitur polling sudah hadir di Telegram sejak lama, dan kini WhatsApp berupaya untuk menghadirkan fitur serupa di layanannya.

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur baru WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur pemungutan suara ini ditemukan di aplikasi WhatsApp Beta untuk Android, tepatnya versi Beta 2.22.6.70.

Fitur polling dapat digunakan pengguna untuk dapat mengajukan sebuah topik atau pertanyaan yang relevan kepada grup. "Polling" yang sudah dibuat nantinya dapat dibalas oleh pengguna lain.

Baca juga: Fitur Polling Telegram Diperbarui, Punya 3 Mode

Kehadiran fitur "Polling" dapat dimanfaatkan untuk membantu melakukan pengambilan keputusan dalam sebuah grup. "Polling" nantinya dapat dijumpai pada setiap grup yang ada di WhatsApp.

Apabila dilihat dari manfaat yang ditawarkan, "Polling" dapat mempermudah anggota grup yang ingin merencakan suatu topik tertentu, misalnya agenda untuk bepergian bersama.

Tangkapan layar yang menunjukkan cara membuat Polling.WABetaInfo Tangkapan layar yang menunjukkan cara membuat Polling.

Menurut WABetaInfo, polling yang dibuat serta jawaban yang diajukan oleh anggota grup akan dienkripsi secara end-to-end.

WhatsApp menjamin bahwa pesan yang dikirim antara pengguna akan dilindungi, sehingga tidak dapat diintip oleh peretas yang mencegat jalur komunikasi.

Baca juga: Direct Messege Instagram Bisa Disisipi Polling

Dengan kata lain, hanya anggota yang tergabung di dalam grup saja yang dapat melihat polling dan hasil jawaban yang diajukan.

Sebelumnya, WhatsApp juga sedang menguji coba sebuah fitur khusus untuk grup yang dikenal dengan sebutan "Community" atau "komunitas" dalam bahasa Indonesia.

Sesuai namanya, fitur tab "Komunitas" berfungsi untuk melihat daftar komunitas yang tergabung di kontak WhatsApp pengguna.

Setiap admin yang tergabung dalam grup dapat memindahkan grup mereka ke tab "Komunitas". Alhasil, pengguna bisa memisahkan grup dengan kumpulan percakapan personal yang ada di tab "Chats".

Baca juga: 6 Ciri-ciri WhatsApp Disadap serta Cara Mengatasinya

Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (9/3/2022), fitur tab Community sedang dalam tahap uji coba di aplikasi WhatsApp Beta versi 2.22.6.9 untuk Android.

Belum diketahui secara pasti kapan kedua fitur ini akan bisa digunakan secara resmi oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Apabila mengacu pada tradisi sebelumnya, WhatsApp baru akan menggelontorkan fitur terbaru dalam selang waktu beberapa bulan setelah diuji coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com