Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Perkenalkan Komputer Desktop Mac Studio dan Monitor Studio Display

Kompas.com - 09/03/2022, 12:32 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Selain iPhone SE 2022, Apple juga mengumumkan komputer mungil nan ringkas terbarunya yang diberi nama Mac Studio di acara Apple Event 2022 yang baru saja digelar Rabu (9/3/2022) dini hari tadi waktu Indonesia.

Komputer desktop ini bisa dibilang merupakan evolusi dari Mac Mini M1 yang diperkenalkan tahun 2020 lalu dan hadir dengan peningkatan signifikan di aspek desain dan performa demi menunjang kegiatan para kreator profesional.

Dari segi desain, Mac Studio memiliki dimensi ketebalan 3,7 inci, jauh lebih tebal dibanding Mac Mini M1 2020 yang hanya memiliki dimensi ketebalan 1,4 inci.

Baca juga: iPhone SE 2022 Resmi Meluncur, Desain Tidak Berubah, Harga Lebih Mahal

Untuk performanya sendiri, Mac Studio kini ditenagai dengan chipset M1 Max yang diperkenalkan pada Oktober 2021 lalu, serta chipset terbaru dan terkuat Apple yang baru saja diperkenalkan, yakni M1 Ultra.

M1 Max memiliki konfigurasi prosesor (CPU) 10-core yang dipadukan dengan pengolah grafis (GPU) 24-core, mesin AI (Neural Engine) 16-core, dan memory bandwidth mencapai 400 GB/s.

Sementara itu, M1 Ultra memiliki konfigurasi CPU 20-core, GPU 48-core, Neural Engine 32-core, dan memory bandwidth mencapai 800 GB/s.

Ilustrasi kelengkapan port di Mac Studio.Apple.com Ilustrasi kelengkapan port di Mac Studio.

Mac Studio varian M1 Max bisa dikombinasikan dengan RAM 32-64 GB, serta media penyimpanan SSD 512 GB-8 TB, sedangkan varia M1 Ultra bisa dipadukan dengan RAM 64-128 GB dan media penyimpanan 1 TB-8 TB.

Mac Studio M1 Max memiliki bobot 2,7 kg, sedangkan varian M1 Ultra lebih berat dengan 3,6 kg.

Baca juga: Apple Perkenalkan Chip M1 Pro dan M1 Max, Apa Kehebatannya?

Untuk menunjang konektivitas, Mac Studio dibekali dengan sejumlah konektor (port) di sekeliling bodinya, terdiri dari port Thunderbolt 4, port USB-C, slot kartu memori SDXC, DisplayPort USB 3.1 Gen 2/USB 4, HDMI, 10 GB Ethernet, USB-A, dan 3,5 mm audio jack.

Mac Studio M1 Max dijual dengan harga termurah 1.999 dolar AS (sekitar Rp 28,7 juta), sedangkan Mac Studio M1 Ultra dibanderol dengan harga termurah 3.999 dolar AS (sekitar Rp 57,4 juta).

Studio Display

Selain Mac Studio, Apple juga meluncukan layar komputer terbaru yang bernama Studio Display, yang diklaim cocok dipadukan dengan Mac Studio atau komputer Mac lainnya.

Layar ini memiliki ukuran diagonal 27 inci dengan resolusi 5K Retina Display (5.120 x 2.880 piksel) dan tingkat kecerahan 600 nits.

Mac Studio yang diletakkan di bawah Studio Display.Apple.com Mac Studio yang diletakkan di bawah Studio Display.

Untuk menunjang para penggiat seni dan kreator andal, layar tersebut juga memiliki dukungan hingga 1 miliar warna, wide color gamut (P3), serta teknologi True Tone.

Berbeda dengan layar komputer lain, Studio Display turut dibekali dengan kamera atau webcam dengan resolusi 12 MP (f/2.4). Kamera ini memiliki bidang pandang lebar hingga 122 derajat, sehingga bisa memuat banyak obyek atau orang dalam satu frame.

Baca juga: Prediksi Gadget Apple yang Meluncur Malam Ini, Ada iPhone SE Baru?

Kamera ini juga mendukung fitur mumpuni yang diperkenalkan Apple di jajaran iPad Pro di 2021, yaitu Center Stage. Dengan fitur ini, fokus kamera akan diarahkan secara otomatis ke obyek manusia yang dibidiknya.

Fitur pendukung lainnya di layar komputer ini mencakup tiga abuah mikrofon untuk merekam audio, serta enam buah speaker yang mendukung teknologi Spatial Audio.

Studio Display dijual dengan harga termurah 1.599 dolar AS atau sekitar Rp 22,9 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple.com, Rabu (9/3/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com