Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE 2022 adalah iPhone 7 yang Dipasangi "Otak" iPhone 13

Kompas.com - 09/03/2022, 14:16 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple masih menerapkan desain yang sama untuk ponsel terbarunya, iPhone SE 2022, yaitu tampilan bodi yang sama persis dengan iPhone 7, ponsel keluaran tahun 2017 lalu. Begitu juga iPhone SE generasi kedua yang diluncurkan 2020 lalu.

Meski demikian, "otak" ponsel tersebut kini ditingkatkan, dan Apple pun tak ragu menyematkan chipset yang dipakai iPhone 13 Series, yaitu A15 Bionic, ke dalam iPhone SE 2022, sehingga punya fitur konektivitas 5G.

Di dalam chip A15 Bionic itu, terdapat enam inti (core) prosesor (CPU), yang terdiri dari dua inti prosesor berkecepatan tinggi, dan empat inti prosesor berkecepatan yang lebih rendah untuk menghemat daya.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2022

Rangkaian CPU tersebut juga dipadukan dengan empat inti pengolah grafis (GPU), serta enam belas inti prosesor Neural Engine untuk menggenjot kinerja kecerdasan buatan (AI).

Tidak dijelaskan apakah kemampuan atau kecepatan CPU, GPU, dan Neural Engine di A15 Bionic di ponsel yang bisa juga disebut iPhone SE 3 tersebut dipangkas atau tidak.

Yang jelas, performanya, terutama untuk bermain game, pasti akan sedikit berbeda dengan iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max yang jumlah inti dalam GPU-nya ada lima buah, alih-alih empat.

Ilustrasi chip Apple A15 Bionic di iPhone 13Apple Ilustrasi chip Apple A15 Bionic di iPhone 13

Kehadiran A15 Bionic di iPhone SE 2022 juga memungkinkan Apple menghadirkan beragam software kamera mumpuni yang sebelumnya hanya ada di iPhone 13 Series.

Salah satunya adalah Smart HDR 4 yang memungkinkan hasil foto menerapkan fitur HDR dengan segmentasi warna berdasarkan obyeknya.

Kemudian ada fitr Photographic Styles untuk menghadirkan filter foto preferensi pengguna ke seluruh foto lainnya, serta Deep Fusion yang berguna untuk meningkatkan kualitas foto sekaligus mengurangi noise dalam foto tersebut.

Kendati dibekali chipset yang sama, harga iPhone SE 2022 sejatinya jauh lebih murah dibanding iPhone 13. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti desain, teknologi kamera, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Bisa Dicoba

Varian terendah iPhone SE 2022 sendiri, yaitu untuk media penyimpanan 64 GB dijual dengan harga 429 dolar AS (sekitar Rp 6,1 juta), lebih terjangkau dibanding iPhone 13 Mini varian terendah 128 GB dengan harga 699 dolar AS (sekitar Rp 10 juta).

Desain ala iPhone 7

Ilustrasi iPhone SE 2022.Apple.com Ilustrasi iPhone SE 2022.

Berbicara tentang desain, seperti disebutkan di atas, iPhone SE 3 juga masih mengadopsi tampilan yang sama persis dengan iPhone 7 dan iPhone SE 2020.

Saking identiknya, pengguna mungkin tak akan bisa menebak mana yang merupakan iPhone SE 2022, apabila ponsel itu disandingkan dengan iPhone 7 dan iPhone SE 2020 secara bersebelahan.

Kendati demikian, Apple mengeklaim kaca lapisan pelindung layar dan bagian punggung ponsel tersebut kini lebih kuat, dan bahkan diklaim sama tangguhnya dengan iPhone 13 Series.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com