Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

Kompas.com - 09/03/2022, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi umat Islam, shalat lima waktu sehari menjadi ibadah yang wajib dilaksanakan dan baiknya ditunaikan secara tepat waktu. Kini, Anda tak perlu khawatir jika ingin melaksanakan ibadah shalat tersebut secara tepat waktu.

Ada beragam aplikasi jadwal shalat yang bisa dimanfaatkan dengan mudah lewat ponsel. Kadang di tengah kesibukan, menunaikan shalat lima waktu secara tepat waktu mungkin cukup sulit bagi sebagian orang, diperlukan niat yang sangat kuat.

Dengan adanya aplikasi tersebut, bisa membantu Anda agar senantiasa mengingat waktu shalat dan menunaikannya secara tepat waktu. Secara umum, aplikasi jadwal shalat ini disertai dengan fitur suara azan (panggilan atau seruan shalat).

Baca juga: Awas, Aplikasi Antivirus Android Ini Bisa Kuras Saldo Rekening Bank

Kendati sibuk, aplikasi bakal tetap memberikan peringatan notifikasi bahwa telah memasuki waktu shalat dan suara azan bakal berkumandang di ponsel Anda.

Aplikasi jadwal shalat dengan suara azan itu dapat diakses di berbagai ponsel, baik di ponsel iPhone maupun di ponsel Android. Penasaran ingin mencobanya? Berikut aplikasi jadwal shalat di iPhone dan Android.

1. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi jadwal shalat di Android dan iPhone yang pertama ada Muslim Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang ketaatan dalam menjalankan ibadah, salah satunya adalah jadwal shalat serta notifikasi suara azan.

Jadwal shalat yang ditampilkan aplikasi ini sesuai dengan lokasi tempat Anda berada. Saat memasuki waktu shalat, aplikasi bakal mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda dengan lantunan suara azan.

Kemudian, Anda juga bisa memilih suara azan tersebut dari beberapa pengumandang yang tersedia di koleksi aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi Muslim Pro juga memiliki fitur membaca dan mendengarkan lantunan ayat Al Quran.

Tak ketinggalan juga ada fitur tasbih digital yang bisa menghitung jumlah zikir Anda. Kemudian, ada pula fitur yang menampilkan rumah makan halal dan masjid terdekat di aplikasi ini.

Anda bisa mengunduh atau download aplikasi jadwal shalat Muslim Pro secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

2. Muslim Go

Ilustrasi aplikasi Muslim GoApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Go

Salah satu aplikasi jadwal shalat yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan ibadah adalah Muslim Go. Fitur di aplikasi ini cukup lengkap. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diberi tahu jika waktu shalat tiba.

Notifikasi dan suara adzan akan muncul sesuali lokasi Anda berada. Selain itu, aplikasi juga bisa mencari arah kiblat. Muslim Go juga memiliki kumpulan doa, niat shalat sunnah, serta artikel fiqih dan aqidah.

Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net. Tanzil.net sendiri adalah sebuah proyek untuk menyediakan ayat Al Quran yang telah terverifikasi secara internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com