Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simbol Huruf Z di Tank Rusia yang Serbu Ukraina, Ini Arti dan Fungsinya

Kompas.com - 09/03/2022, 19:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Invasi yang dilancarkan Rusia ke Ukraina sudah berlangsung selama dua pekan. Kondisi terkini di wilayah Ukraina nampak masih disesaki dengan tank, truk dan artileri asal Rusia.

Menariknya, sejumlah simbol yang menghiasi kendaraan perang asal Rusia tersebut berhasil mencuri perhatian banyak pihak. Tidak sedikit dari tank yang membawa pasukan militer Rusia terlihat memiliki simbol huruf "Z".

Simbol tersebut umumnya dipoles dengan cat berwarna putih di hampir semua sisi badan kendaraan tank dan truk.

Namun tidak hanya simbol huruf "Z" saja, sejumlah simbol lain seperti "Z" dalam bujur sangkar, simbol O, V, X, dan A juga terlihat ikut dilukis di bodi kendaraan.

Baca juga: Dari Apple hingga Netflix, Ini Daftar Perusahaan Teknologi yang Blokir Rusia

Helikopter Ka-52 Rusia yang ditembak jatuh Ukraina menggunakan marka V.Quora Helikopter Ka-52 Rusia yang ditembak jatuh Ukraina menggunakan marka V.
Sejumlah ahli mengemukakan pendapatan yang cukup berbeda terhadap simbol yang terlihat menjejali kendaraan perang asal Rusia.

Menurut Letnan Kolonel Angkatan Udara Tyson Wetzel, dikutip KompasTekno dari blog militer Task and Purpose, Rabu (9/3/2022), simbol-simbol yang tertera pada tank Rusia ditujukan sebagai identitas pembeda dengan musuh, alias IFF/identification friend or foe.

Simbol-simbol tersebut juga bisa digunakan oleh pasukan militer Rusia untuk mengidentifikasi kendaraan yang mereka miliki.

"Intinya adalah tanda "Z" (dan simbol lainnya) merupakan tindakan dekonfliksi untuk membantu mencegah salah tembak, atau insiden penyerangan kepada sekutu,” tutur Wetzel.

Kendaraan artileri Rusia menggunakan marka O.Quora Kendaraan artileri Rusia menggunakan marka O.

Sementara itu, mantan Kapten Marinir sekaligus Pengamat kebijakan pertahanan Rusia, Rob Lee berpendapat bahwa simbol-simbol yang ada di tank Rusia digunakan sebagai indikator lokasi yang akan dituju kendaraan.

Arti dan bentuk simbol yang tertera di badan kendaraan perang militer Rusia yang melakukan invasi kepada Ukraina.Quora Arti dan bentuk simbol yang tertera di badan kendaraan perang militer Rusia yang melakukan invasi kepada Ukraina.

"(Simbol-simbol itu) jelas merupakan sesuatu yang baru. Dan alasan yang paling mungkin mereka (Rusia) memakai simbol semacam ini adalah untuk menunjukkan eselon dan gugus tugas yang berbeda," kata Lee.

Baca juga: Balas Dendam, Rusia Balik Blokir Facebook dan Twitter

Tidak sedikit ahli militer yang sepakat dengan teori yang diutarakan Lee. Masing-masing dari simbol tersebut setidaknya mengandung makna tertentu.

Dikutip KompasTekno dari situs Quora, simbol huruf "Z" dipercaya menandakan bahwa kendaraan tersebut dimiliki oleh Distrik Militer Timur Rusia.

Sementara simbol huruf "Z" yang sama, namun dibingkai dalam bujur sangkar, menandakan bahwa tank tersebut adalah mili kesatuan tentara militer Rusia yang ditugaskan di wilayah Krimea.

Sejumlah ahli militer juga mengungkapkan kepada Hindustan News Hub, bahwa simbol-simbol itu dibuat berdasar wilayah militer Rusia itu beroperasi. Berikut ini analisis mereka:

  • Z: Kendaraan milik Distrik Militer Timur Rusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com