Apa Itu Touch Sampling Rate pada Smartphone, Bedanya dengan Refresh Rate?

Kompas.com - 10/03/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Istilah refresh rate kian populer di dunia smartphone. Istilah ini awalnya melekat dengan smartphone gaming karena akan mendukung pergerakan pengguna dalam bermain game menjadi lebih mulus.

Seiring waktu, refresh rate juga ditonjolkan pada smartphone berbagai kategori, baik flagship, menengah maupun entry level.

Selain refresh rate, istilah lainnya yang populer di dunia smartphone yaitu touch sampling rate atau kecepatan pengambilan sampel sentuh. Keduanya berkaitan dengan tampilan smartphone. Lantas apa itu touch sampling rate dan apa bedanya dengan refresh rate? Berikut ulasannya.

Apa itu touch sampling rate?

Touch sampling rate adalah kemampuan tampilan atau layar saat membaca input (sentuhan) dalam satu detik. Terkadang touch sampling rate juga disebut sebagai tingkat respons layar. Semakin cepat touch sampling rate pada sebuah perangkat, maka semakin sensitif layarnya dalam membaca perintah.

Baca juga: Samsung Galaxy S22 Ultra Punya Refresh Rate Layar yang Istimewa

Misalnya pada smartphone yang didukung touch sampling rate 60 Hz, artinya layar ponsel akan membaca input sentuh dari pengguna sebanyak 60 kali per detiknya.

Jika disederhanakan, artinya layar ponsel siap menerima input sentuhan dari pengguna setiap 16,6 milisecond/ms atau milidetik.

Jika input sentuhan gagal diproses dalam satu siklus (16,6 ms/milidetik), maka harus menunggu lagi selama 16,6 ms untuk menerima input sentuhan baru, memprosesnya hingga meresponsnya (memperbarui tampilan sesuai perintah).

Semakin besar siklusnya, semakin lama pula bagi layar ponsel untuk merespons sentuhan atau perintah dari pengguna. Siklus input sentuh akan semakin cepat jika tingkat touch sampling rate-nya lebih tinggi.

Misalnya sebuah smartphone memiliki dukungan touch sampling rate 120 Hz dengan menawarkan siklus 8,33 ms. Dengan begitu, tampilan ponsel akan diperbarui setiap 8,33 milidetik.

Ada pula smartphone yang menawarkan touch sampling rate hingga 240 Hz seperti Asus ROG II yang notabene didesain sebagai smartphone gaming.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.