Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Resmikan Indico, Brand untuk Anak Usaha Digital

Kompas.com - 10/03/2022, 12:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Januari lalu operator seluler pelat merah, Telkomsel, membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital sebagai anak perusahaan baru.

Sesuai namanya, perusahaan Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus mengembangkan portofolio bisnis Telkomsel di ranah digital.

Berselang dua bulan, Telkomsel Ekosistem Digital meresmikan nama merek (brand name) "Indico" sebagai indentitas perusahaannya melalui sebuah acara daring hari ini, Kamis (10/3/2022),

CEO Telkomsel Ekosistem Digital Andi Kristianto mengatakan, Indico merupakan kepanjangan untuk Indonesia Digital Ecosystem.

Baca juga: Telkomsel Bentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital, Ini 3 Fokus Bisnisnya

Andi menjelaskan, brand Indico ini memiliki makna bahwa Telkomsel melihat Indonesia sebagai pasar yang besar dengan potensi yang besar juga. Telkomsel memanfaatkan tools digital untuk terhubung dengan ekosistem digital di Indonesia.

"Identitas Indico menunjukkan kami sebagai platform untuk engage terhadap ekosistem digital di Indonesia. Harapannya dengan identitas ini, kami bisa lebih dekat berhubungan dengan stakeholder, investor, partner, bahkan talenta digital Indonesia," kata Andi.

Dengan begitu, diharapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dan membuka peluang ekonomi digital bagi masyarakat Indonesia.

Dari nomor dua kiri ke kanan - CEO Telkomsel Ekosistem Digital Andi Kristianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam hadir dalam acara peresmian brand name Indico, yang disiarkan secara online, Kamis (10/3/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dari nomor dua kiri ke kanan - CEO Telkomsel Ekosistem Digital Andi Kristianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam hadir dalam acara peresmian brand name Indico, yang disiarkan secara online, Kamis (10/3/2022).
Andi menambahkan, Indico akan memanfaatkan aset dan kapabilitas Telkomsel untuk menjalankan bisnis ke depannya.

Pasalnya, menurut Andi, meski Telkomsel merupakan perusahaan operator seluler, aset dan kapabilitas yang dimilik Telkomsel saat ini ternyata tak hanya terbatas untuk bisnis telekomunikasi saja.

Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis vertikal di sektor digital, seperti edu-tech, health-tech, dan gaming.

Dalam waktu dekat, Indico akan menghadirkan sebuah platform digital. Belum diketahui nama berikut layanan apa saja yang bakal dihadirkan Indico dalam platform tersebut.

Andi mengatakan platform itu bakal memudahkan startup, kolabolator, maupun inovator untuk menjangkau pelanggan indonesia.

Baca juga: Telkomsel Buka Layanan Grapari Online, Begini Cara Aksesnya

3 bisnis digital Indico

Andi mengungkapkan, Indico sendiri merupakan identitas penyempurna dari proses bisnis digital yang sudah dijalankan Telkomsel sejak beberapa waktu lalu.

Indico nantinya akan menaungi tiga bisnis Telkomsel di sektor edu-tech, health-tech, dan gaming. Bisnis tersebut ada Majamojo, Kuncie, dan Fita. Majamojo menjadi bisnis digital Telkomsel yang baru diresmikan bulan lalu.

Pada Februari 2022, Telkomsel melalui PT Telkomsel Ekosistem Digital; dan GoTo melalui PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (AMAB), membuat perusahaan patungan (joint venture) bernama PT Games Karya Nusantara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com