Google Rilis Fitur Peringatan Serangan Udara di HP Android Warga Ukraina

Kompas.com - 11/03/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) terus memberikan bantuannya kepada Ukraina, pasca negara tersebut diinvasi oleh Rusia.

Paling terbaru, Google resmi menggelontorkan fitur peringatan serangan udara (Air Raid Alerts) ke seluruh ponsel dengan sistem operasi (OS) Android yang ada di Ukraina.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan warga Ukraina untuk meningkatkan kewaspadaannya agar bisa segera menyelamatkan diri, apabila wilayah atau tempat tinggalnya menjadi target dari aneka serangan udara yang dilancarkan Rusia.

Baca juga: Segudang Bantuan Perusahaan Teknologi untuk Ukraina

"Berdasarkan permintaan dan bantuan pemerintah Ukraina, kami telah menggelontorkan fitur Air Raid Alerts System untuk seluruh ponsel Android di Ukraina," tulis Google dalam blog resminya terkait bantuan kepada Ukraina yang terus diperbarui.

Google melanjutkan, fitur ini bakal bekerja secara bersamaan dengan sistem pemantau serangan udara yang sudah dimiliki Ukraina.

Nantinya, peringatan yang bakal dimunculkan Google juga bakal mengacu pada informasi yang telah disampaikan oleh pemerintah Ukraina terkait adanya serangan udara.

Google tidak menyebutkan di sistem atau aplikasi mana fitur Air Raid Alerts ini bakal disisipkan.
 
Namun, fitur tersebut konon bakal diintegrasikan dengan aplikasi sistem ponsel Android yang bernama Google Play Services. Google Play Services adalah suatu aplikasi sistem yang berguna untuk menghubungkan berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel Android dengan layanan Google.

Kabarnya, fitur Air Raid Alerts itu akan hadir dalam aplikasi Google Play Services versi 22.06.15, dan bisa dimanfaatkan pemilik ponsel Android di Ukraina dalam beberapa hari ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Jumat (11/3/2022).

Sebelumnya, fitur Air Raids Alerts sendiri sudah hadir di sebuah aplikasi yang bernama "Ukrainian Alarm", yang bisa diunduh warga Ukraina lewat Google Play Store.

Baca juga: Sumbangan Kripto untuk Ukraina Tembus Rp 606 Miliar

Aplikasi tersebut dibuat oleh para pengembang aplikasi di Ukraina, dengan bantuan pemerintah Ukraina untuk menghadirkan fitur pengingat serangan udara. 

Google pun membantu aplikasi tersebut agar terlihat di halaman depan Google Play Store, supaya warga Ukraina memasangnya demi meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan udara yang berpotensi terjadi kapan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.