Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bikin Portal Belajar Jadi Selebgram

Kompas.com - 11/03/2022, 11:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan program baru bernama "Creator Lab". Sesuai namanya, program ini ditujukan khusus untuk konten kreator serta influencer atau "selebgram" di platform Instagram.

Kehadiran Creator Lab diumumkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri melalui sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya.

"Minggu ini kami mengumumkan 'Creator Lab', yang diprogram untuk kreator dan oleh kreator," kata Mosseri dalam video.

Secara umum, program ini berisi informasi, tips, dan pelajaran untuk para kreator konten di Instagram terkait hal-hal yang, menurut Mosseri, "ingin dipelajari sejak awal berkarier sebagai influencer".

Baca juga: Cara Melihat Postingan Instagram yang Pernah Di-like

Mulai dari strategi konten dan pembuatannya, algoritma Instagram, hingga menjual produk dan bermitra dengan brand.

Mosseri mengungkapkan, program Creator Lab ini memang sengaja dibangun karena kreator adalah komunitas penting di Instagram.

"Kami percaya bahwa mereka adalah aktor pendorong perkembangan budaya lebih maju, membangun tren dan menetapkan norma-norma baru," kata dia.

Cara akses Creator Lab

Tampilan video insight dan pelajaran yang ada di Creator Lab Instagram.Instagram Tampilan video insight dan pelajaran yang ada di Creator Lab Instagram.
Creator Lab ini sendiri bisa diakses melalui portal Creator Instagram di URL creators.instagram.com atau melalui tautan berikut ini.

Di sana, pengguna bisa melihat tiga topik pelajaran, yaitu Express Yourself (mengekspresikan diri), Build Community (membangun komunitas), dan Grow long-term (tumbuh untuk jangka panjang).

Pelajaran dari setiap topik tersebut dibawakan oleh para influencer dan kreator konten Instagram yang terpilih. Isi pelajaran juga berangakt dari pengalaman mereka selama menjadi influencer di Instagram.

Pelajaran maupun insight yang ada di Creator Lab ini disajikan dalam bentuk video pendek dengan durasi kurang lebih 4 menit.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara di Android

Untuk topik "Express Yourself", influencer dan kreator bisa mendapatkan insight terkait bagaimana menentukan alasan berkarier sebagai influencer dan mencari keunikannya.

Kreator juga akan diberi informasi mengenai strategi membangun konten, berkesperimen dengan tools kreatif yang ada di Instagram, dan menyempurnakan konten bikinannya.

Di topik "Build Community", influencer dan kreator konten bisa belajar bagaimana berkolaborasi dengan kreator lainnya di Instagram, mengetahui audiens sehingga bisa berhubungan (engage) dan menjaga komunitas penggemar, serta menjaga batasan meski berkarier sebagai influencer.

Terakhir di topik "Grow long-term", ada beberapa pelajaran atau insight yang bisa diambil influencer agar bisa mengubah influencer dari minat menjadi karier yang menghasilkan uang.

Mulai dari mitos dan fakta terkait algoritma Instagram, menjual produk, bekerja sama dengan brand, serta memonetisasi konten.

Di sini, kreator konten juga bisa mendapatkan pencerahan bagaimana rasanya menjadi influencer secara full-time dan tips menghindari burnout saat menjadi influencer.

Burnout sendiri adalah semacam stres, kebosanan atau frustasi yang dapat menyebabkan seseorang merasa letih, mudah tersinggung, dan nyeri di sana sini.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Instagram, Jumat (11/3/2022), Instagram bakal menyajikan lebih banyak topik di Creator Lab ke depannya, untuk membantu influencer dan kreator mendapatkan insight dan pelajaran baru.

Baca juga: Instagram Setop Aplikasi Boomerang dan Hyperlapse

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com