Apa Itu OnlyFans dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 11/03/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai platform media sosial yang memungkinkan pembuat konten di dalamnya bisa memperoleh sejumlah uang, salah satunya adalah OnlyFans.

Sebagian pengguna atau pengamat aktif media sosial, mungkin bakal tidak asing lagi dengan salah satu platform video berlangganan ini. Ya, sejak sekitar akhir tahun lalu OnlyFans kerap malang melintang jadi pembicaraan warganet.

Baca juga: Instagram Setop Aplikasi Boomerang dan Hyperlapse

Bagi Anda yang belum mengetahui dan penasaran dengan apa itu OnlyFans, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu OnlyFans?

OnlyFans adalah platform media sosial berbasis situs web dengan layanan konten berlangganan yang bisa dibuat oleh pengguna. Adapun pengguna bisa membuat konten seperti gambar, rekaman video, pesan, serta siaran langsung di OnlyFans.

Platform ini sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2016 oleh pengusaha asal Inggris Tim Stokely, yang kini telah mengundurkan diri sebagai CEO OnlyFans. Sejak awal perilisannya, OnlyFans tidak memiliki format aplikasi, hanya situs web.

Tujuan utama pengembangan OnlyFans sendiri adalah untuk membantu pembuat konten atau artis bisa mendapatkan uang dari monetisasi konten atau “karya” yang telah dibuatnya.

Selain tujuan memudahkan untuk mendapat uang, OnlyFans juga digagas untuk mengembangkan hubungan yang lebih intim dan otentik antara artis dengan basis penggemarnya.

Sederhananya, platform dibuat untuk memungkinkan pengguna bisa mengunggah konten, yang mana penontonnya harus mengeluarkan biaya berlangganan agar bisa menonton atau mengakses konten tersebut.

Dilansir dari laman OnlyFans, platform ini mengeklaim telah digunakan oleh lebih dari 100 juta orang. Kemudian, komisi sebanyak 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 42 triliun) telah berhasil dibayarkan ke pembuat kontennya, yang kini terdapat lebih dari 1 juta orang.

Melihat tujuan dan desain platform di atas, sebenarnya OnlyFans memiliki cara kerja yang sederhana, berikut penjelasannya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.