Kompas.com - 12/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda yang aktif mengakses layanan internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ISP. Pasalnya, untuk mengakses internet memang membutuhkan ISP.

Namun, tahukah apa itu ISP dan mengapa lekat dengan internet? Langsung saja, simak rangkuman KompasTekno mengenai ISP di bawah ini.

Apa itu ISP?

ISP singakatan dari Internet Service Provider atau Penyedia/Penyelenggara Layanan Internet. ISP juga kerap dikenal sebagai Internet Access Provider (IAP) atau secara singkat bisa disebut dengan provider.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Dari nama ISP sendiri, secara kasar bisa dipahami bahwa mereka merupakan lembaga atau institusi yang beroperasi untuk menyediakan layanan internet. Setiap kali berhasil terhubung ke internet berarti ada jasa ISP di sana.

Dikutip dari laman ensiklopedia teknologi Techopedia, ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet ke pengguna individu maupun korporat atau bisnis. Tidak hanya itu, ISP juga menyediakan jasa pemeliharaan infrastruktur internet.

Untuk bisa menghubungkan perangkat (komputer, laptop, atau ponsel) ke internet diperlukan peralatan jaringan telekomunikasi dan rute khusus. Karena sebagian besar pengguna tidak memiliki akses ke peralatan semacam ini, sebab itu hadirlah ISP.

Biasanya, ISP adalah perusahaan telepon seluler atau perusahaan kabel yang menawarkan layanan internet berlangganan. Pengguna bisa “menyewa" akses jaringan internet dengan berlangganan ke ISP.

Untuk bisa mengakses ISP, pengguna memerlukan perangkat tambahan seperti modem atau router yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dair ISP ke gadget.

Biasanya perangkat tambahan seperti modem atau router tersebut bakal otomatis dipinjamkan oleh ISP, apabila pengguna telah melakukan registrasi untuk berlangganan akses layanan internet darinya.

Fungsi ISP

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui fungsi ISP adalah untuk menghubungkan gadget pengguna dengan koneksi internet lewat perangkat modem atau router.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.